Senin , 26 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Sanksi Denda Ternak Capai Rp 12,4 Juta

Sanksi Denda Ternak Capai Rp 12,4 Juta

MUKOMUKO –Penindakan terhadap hewan ternak yang dilepasliarkan, sudah direalisasikan. Terpotret, hingga Agustus ini Rp 12,4 juta sudah masuk pada kas daerah (Kasda) Pemkab Mukomuko.

Hal ini dijelaskan Sekretaris Dinas Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP), Pemadam Kebakaran (Damkar) Mukomuko, Dr. Abdianto, SH, M.Si.

Dana sejumlah itu lanjut Abdianto, menjadi masukan pendapatan asli daerah (PAD). Ini adalah denda penindakan hewan ternak yang terjaring razia hingga Agustus 2019 ini.

“Rincinya yakni bersumber dari denda hewan ternak jenis sapi sebesar Rp 10 juta. Lalu denda hewan ternak jenis kambing mencapai Rp 2,4 juta,” ujar Abdianto.

Dijelaskannya untuk denda ternak sapi yang diliarkan dikenakan Rp 1 juta untuk setiap ekor sapi. Jumlah yang berhasil tertangkap ada 10 ekor sapi. Untuk denda hewan ternak kambing Rp 200 ribu per ekor. Jadi  jumlah hewan ternak yang berhasil terjaring razia mencapai 13 ekor.

“Sayangnya masih ada 1 ekor ternak kambing lagi yang belum ditebus oleh pemiliknya,’’ tandas Abdianto.

Khususnya 1 ekor ternak kambing yang belum ditebus pemiliknya, lanjut Abdianto, Dinas Satpol PP dan Damkar sudah keluarkan surat pemberitahuan pada desa dan kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko.

Surat tersebut untuk memberitahukan kepada warganya soal ada 1 ekor kambing yang kini masih diamankan Satpol PP.

“Waktunya kita berikan 7 hari kerja. Sejak terhitung surat pemberitahuan dikeluarkan. Kalau nanti sudah sampai waktu belum juga ditebus hewan ternak itu akan kita lelang. Sesuai prosedur yang sudah diatur dalam Perda,” paparnya.

Sedangkan untuk operasi ternak liar hingga sekarang masih dilakukan. Pihaknya miliki tim reaksi cepat (TRC). Tim tersebut untuk

melakukan operasi penangkapan hewan ternak yang dilepasliarkan di fasilitas umum.

‘’Untuk operasi ini tidak pandang bulu dan tidak pandang harinya. Kendati hari Minggu operasi tetap berjalan. Setiap ada laporan i masyarakat, TRC langsung turun, walaupun malam hari,” tegas Abdianto.(hue)

Berita Lainnya

176 Jamaah Haji Mukomuko Tiba Pukul 9 Malam

MUKOMUKO – Sebanyak 176 jamaah haji asal Kabupaten Mukomuko akan tiba sekitar pukul 21.00 WIB ...

error: Content is protected !!