Sabtu , 24 Agustus 2019
Home / Metropolis / Tingkatkan SDM Penanggulangan Bencana

Tingkatkan SDM Penanggulangan Bencana

DIKLAT: Sebanyak 40 peserta mengikuti kegiatan Diklat Dasar Manajemen Bencana Provinsi Bengkulu guna meningkatkan SDM dalam penanggulangan bencana, Senin (12/8). (foto: yudi/rb)

BENGKULU –  Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB BNPB) menggelar kegiatan Diklat Dasar Manajemen Bencana Provinsi Bengkulu, kemarin (12/8). Kegiatan ini bertujuan agar menambah Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka peningkatan penanggulangan bencana. Selain itu, dengan adanya kegiatan Diklat ini, maka semua unsur instansi dapat memiliki pemahaman bencana.

Kepala Sub Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat PB BNPB, Yustam Syahril, MH mengatakan, dengan adanya pelatihan ini maka tentunya ada penambahan SDM yang tidak selalu terfokus di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) saja. “Nantinya semua pihak akan memiliki pemahaman yang sama tentang bencana,” katanya, Senin (12/8).

Apalagi di Provinsi Bengkulu memiliki potensi terjadinya berbagai bencana seperti banjir, gempa dan tsunami. Tentunya dengan pelatihan ini, pemahaman tentang penanggulangan pertama saat terjadi bencana sudah dipahami, sehingga dapat diupayakan tidak adanya korban jiwa.

“Pelatihan ini akan bertingkat, bertahap dan berlanjut, tentunya nanti semua unsur instansi dapat memahami dan mengetahui gambaran tentang bencana dan cara penanggulangannya,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini ada sekitar 40 peserta yang diharapkan dapat menjadi pendorong untuk menyosialisasikan terkait sistem penanggulangan bencana. Tak hanya itu saja, hasil dari Diklat dapat dibagikan ke masyarakat sekitar, sehingga semua lapisan masyarakat nantinya akan paham sepenuhnya tentang apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi bencana dan pascabencana.

“Itu dikarenakan tujuan penyelenggaraan Diklat Manajemen Bencana adalah untuk mempersiapkan dan menyediakan SDM yang memiliki kompetensi, baik pengetahuan, keterampilan dan sikap  dalam penanggulangan bencana,” bebernya.

Kompetensi bagi peserta Diklat adalah kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang peserta berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku yang diperlukan dalam melaksanakan tugas. Standar kompetensi yang perlu dimiliki oleh peserta Diklat yakni berbagai ilmu terkait manajerial penanggulangan bencana dengan kemampuan dalam memahami, menjelaskan dan melaksanakannya.

Ia melanjutkan, penanggulangan bencana adalah suatu proses yang  dinamis, berlanjut, dan terpadu untuk meningkatkan kualitas langkah-langkah yang berhubungan dengan observasi dan analisis serta pencegahan, penjinakan, kesiapsiagaan, penanganan darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi yang diakibatkan oleh bencana. Oleh karena itu, melalui pendidikan dan pelatihan ini diharapkan akan semakin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam penanggulangan bencana, sehingga penanganan terhadap bencana dapat lebih cepat, tepat, dan dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan oleh bencana.

“Dalam pelaksanaan Diklat tersebut berbagai ilmu terkait manajerial penanggulangan bencana dapat diperoleh bagi para peserta,” lanjutnya.

Nantinya, para peserta Diklat ini juga akan dijadikan trainer untuk Diklat selanjutnya. Tak hanya Diklat saja dalam kesiapan penanggulangan bencana, BPBD pun  selalu memberikan penguatan peralatan dan logistik tentang penanggulangan bencana di Provinsi Bengkulu. (cup)

Berita Lainnya

Distribusi BPNT, Dinsos Gandeng Karang Taruna

BENGKULU – Dinas Sosial Provinsi akan bekerja sama dengan Bulog Bengkulu untuk memasok kebutuhan komoditas ...

error: Content is protected !!