Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Anggaran Pilkada di APBD P Nihil

Anggaran Pilkada di APBD P Nihil

Marjohan

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko memastikan anggaran Pilkada di APBD Perubahan tahun 2019 tidak tersedia. Lantaran kondisi anggaran yang tidak memungkinkan. Dana Pilkada ini akan dianggarkan di APBD murni tahun 2020 mendatang. Alokasi yang disediakan sebesar Rp 35 miliar.

Sekda Mukomuko Drs. H. Marjohan mengatakan, dana Rp 35 miliar itu, untuk seluruhnya. Baik itu untuk KPU Mukomuko, Bawaslu Mukomuko dan instansi lain yang terkait dengan kegiatan pengamanan Pilkada.

“Diasumsikan estimasi kita, diplotkan total Rp 35 miliar. Semuanya (untuk KPU, Bawaslu dan Pengamanan) di sana,” kata Sekda.

Pemkab Mukomuko masih akan melihat, apakah ada dana sharing untuk Pilkada dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu ke Kabupaten Mukomuko. Baik itu dana sharing disalurkan langsung ke KPU dan Bawaslu Mukomuko. Maupun disalurkan melalui Pemkab Mukomuko.

“Kita lihat nanti, apakah ada sharing dari provinsi. Jika ada, akan disesuaikan,” sampainya.

Dikatakan Sekda, tidak menutup kemungkinan dana tersebut bakal bertambah. Atau bisa saja terjadi pengurangan. Akan ditentukan saat pembahasan penyusunan APBD. Angka Rp 35 miliar baru disepakati di dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Mukomuko Tahun Anggaran 2019.

“Saat penyusunan berikutnya, bisa naik, bisa turun. Karena kita melihat kondisi riil yang dibutuhkan KPU, Bawaslu dan pengamanan,” jelas Sekda.

Pihaknya menargetkan, Rancangan APBD 2020 sudah bisa dibahas usai pelantikan anggota DPRD Mukomuko periode 2019-2024. Dengan begitu, di September 2019, APBD Kabupaten Mukomuko tahun anggaran 2020 sudah dapat disahkan. “September nanti kita targetkan tuntas APBD 2020,” ujar Sekda.

Terkait di APBD Perubahan 2019, Pemkab sulit mengalokasikan dana untuk kegiatan Pilkada. Karena kondisi keuangan daerah. Bahkan ada sejumlah kegiatan, terpaksa dilakukan pengurangan anggarannya.

“Di APBDP tidak ada yang kita ajukan. Tapi kita tunggu pembahasan. Berkasnya sudah kita sampaikan ke dewan. Mungkin minggu depan mulai dibahas. Di APBDP, banyak pengurangan,” pungkas Sekda.

Ketua KPU Mukomuko Irsyad dikonfirmasi RB mengatakan, tidak khawatir soal anggaran Pilkada serentak 2020. Walaupun Pemkab Mukomuko tidak menganggarkan di APBD Perubahan 2019. KPU Mukomuko belum mendesak soal anggaran di 2019, karena masih menunggu PKPU tentang penetapan tahapan Pilkada. “Kita tidak terlalu mengkhawatirkan soal itu. Kita tunggu PKPU tahapan Pilkada,” terangnya.

Irsyad yakin, Pemkab juga menunggu kepastian tahapan Pilkada. Dan sudah punya langkah, jika nantinya APBD Perubahan 2019 sudah disahkan, namun ternyata ada tahapan Pemilu yang harus dilaksanakan di 2019.

“Kita mudah saja, kalau memang tidak ada anggaran. Sementara ada tahapan yang harus dilaksanakan di 2019, kita tinggal lapor saja ke atasan. Pasti ada mekanismenya,” demikian Irsyad. (hue)

Berita Lainnya

16 Tahun Jembatan Tidak Diperbaiki

AIR RAMI – Jembatan gantung sepanjang 40 meter kondisinya memprihatinkan. Jembatan ini merupakan akses penghubung ...

error: Content is protected !!