Senin , 26 Agustus 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Bangun Tugu, Targetkan Tuntas di Akhir Tahun

Bangun Tugu, Targetkan Tuntas di Akhir Tahun

Hidayattullah Sjahid

KEPAHIANG – Pembangunan tugu di Pasar Kepahiang saat ini sudah mulai dilakukan. Pemkab Kepahiang menargetkan pembangunan yang menghabiskan total anggaran Rp 5 miliar tersebut, bisa selesai sebelum tutup tahun anggaran 2019. Hal ini diungkapkan Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM. IPU di sela-sela kegiatan paripurna di DPRD Kepahiang, Senin (13/8).

Bupati juga meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kepahiang bisa melakukan pengawasan kinerja pihak rekanan dalam pembangunan proyek tersebut, agar pembangunan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat.

“Kita targetkan sebelum akhir tahun, pembangunannya sudah selesai. Tugu tersebut nantinya akan menjadi ikon Kabupaten Kepahiang, karena akan ada miniatur kopi, Bunga Rafflesia,” jelas Bupati.

Bupati berharap, jika pembangunan tersebut rampung nantinya, pemandangan pusat Kota Kepahiang akan lebih tertata dan rapi. Bahkan rencananya setelah pembangunan tugu, para pedagang yang berada di sekitar kawasan tersebut akan lebih ditata lapak dagangannya, sehingga lebih enak dipandang.

“Nantinya semuanya akan kita tata agar lebih rapi lagi. Kita rencanakan di sana menjadi pusat aktivitas ekonomi masyarakat, karena di sana juga ada Taman Santoso dan pedagang kuliner lainnya,” terang Bupati.

Pemkab juga akan melakukan penataan terhadap Pasar Kepahiang, yang saat ini menjadi satu-satunya sentral ekonomi di Kabupaten Kepahiang. Rencananya pasar tersebut akan dilakukan revitalisasi khusus untuk area jajanan kuliner, guna mendukung visi dan misi pariwisata Pemkab Kepahiang.“Sekarang ini pasar sedang direvitalisasi khusus untuk tempat kuliner khas Kabupaten Kepahiang. Anggaranya langsung dari Kementerian Pariwisata. Mungkin untuk pengelolanya nanti mungkin bisa pelaku ekonomi,” tambah Bupati.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Kepahiang, Rudi Andi Sihaloho, ST menambahkan pihaknya selaku OPD teknis juga berharap kontraktor pekerja bisa menyelesaikan pembangunan tugu tersebut sesuai dengan kontrak. Dimana paket kegiatan ditargetkan selesai akhir 2019 “Kalau target sesuai dengan kontrak Desember 2019 pembangunan tugu itu sudah selesai. Kita berharap pihak rekanan bisa memaksimalkan waktu sesuai dengan kontrak yang sudah disepakati,” jelas Rudi.(sly)

Berita Lainnya

Pelantikan Dewan Baru Kepahiang Diwarnai Insiden Mati Lampu

KEPAHIANG – Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Kepahiang Periode 2019-2024 digelar Sabtu (23/8) ...

error: Content is protected !!