Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / DBD Mulai Mewabah

DBD Mulai Mewabah

ARGA MAKMUR – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai mewabah di Bengkulu Utara terutama Kota Arga Makmur. Saat ini tercatat ada 63 kasus DBD. Tiga pasien masih dirawat di RSUD Arga Makmur.

Diantaranya, satu pasien anak berumur 11 tahun masih kondisi kritis dirawat di RSUD Arga Makmur. Kemarin, satu pasien masuk dengan diagnosa positif mengidap DBD yang mayoritas warga Kecamatan Kota Arga Makmur di Desa Karang Anyar, Gunung Agung dan Lubuk Sahung.

Plt Kadis Kesehatan Bengkulu Utara , Samsul Ma’arif, SKM, M.Kes mengakui belakangan ini wabah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti tersebut tengah meningkat. Hal ini dikarenakan perubahan iklim yang saat ini terjadi dan pola kebersihan lingkungan masyarakat yang kurang baik. “Kita akan segera menyiapkan penanganan agar bisa menghindari kasus DBD,” terangnya.

Dinkes juga memiliki anggaran untuk pengasapan atau fogging dan akan segera direalisasikan. Pengasapan akan dilakukan terutama di titik-titik lingkungan yang sudah ada pengidap DBD. “Karena jika ada masyarakat yang mengidap DBD, maka berarti di daerah tersebut terdapat nyamuk penyebab DBD sehingga harus dilakukan fogging,” katanya.

Namun, tambah Samsuk, fogging hanya membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentik nyamuk hanya bisa dihilangkan dengan pola hidup berasih terutama di lingkungan. Jangan membiarkan adanya air tergenang menjadi tempat berkembangbiak nyamuk demam berdarah.(qia)

Berita Lainnya

Karya Pelita Terancam Tidak Bisa Cairkan DD

ARGA MAKMUR – Sebagian besar desa sudah menerima dana desa (DD) tahap dua yang dikirimkan ...

error: Content is protected !!