Jumat , 15 November 2019
Home / Metropolis / Enam Bulan, 46 WargaTerjangkit HIV/AIDS

Enam Bulan, 46 WargaTerjangkit HIV/AIDS

BENGKULU – Dalam kurun waktu Januari-Juni 2019 ini, ada 46 warga di Kota Bengkulu yang terjangkit HIV/AIDS. Rinciannya, 31 orang terkena HIV dan 15 lainnya terjangkit AIDS. Dari data itu, 40 persen atau 17 orang diantaranya merupakan ibu rumah tangga (IRT), yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Kemungkinan terkenanya IRT oleh penyakit tersebut akibat “oleh-oleh” yang dibawa oleh suaminya yang sering melakukan seks tidak aman dengan pekerja seks dan sebagainya. “Kemungkinan ibu rumah tangga ini mendapatkan oleh-oleh dari suaminya, yang jelas data terakhir itu didominasi IRT, namun untuk jumlahnya masih kita lakukan verifikasi kembali,” ujar Kepala Dinkes (Dinkes) Kota Bengkulu, Susilawati, M.Kes Selasa (13/8).

Untuk itulah, pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS selalu menjadi titik fokus utama yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu. Adapun  faktor risiko penularan HIV terbesar di Kota Bengkulu yakni  melalui hubungan seks yang berisiko.

Ia menambahkan, saat ini upaya penanggulangan HIV/AIDS juga terus dilakukan. Termasuk menyasar pelajar, IRT dan semua masyarakat. Penanggulangan ini berupa pembinaan yang dilakukan serta memberikan pengetahuan agar masyarakat rutin melakukan screening untuk HIV khususnya di populasi berisiko termasuk IRT.

Dengan penangangan yang cepat, HIV tidak akan menjadi AIDS karena penyakit tersebut dapat ditekan. Pemeriksaan dapat dilakukan secara gratis di Puskesmas terdekat. Selain itu, pihaknya juga meminta agar masyarakat tidak menjauhi orang yang terkena HIV/AIDS karena penderita membutuhkan dorongan semangat untuk tetap semangat menjalani hidup.

Susilawati mengatakan bahwa sebelumnya populasi yang berisiko terhadap penularan HIV/AIDS adalah Waria, Pria penyuka pria atau Lesbian Gay Biseksual Transgender (LGBT), Pekerja Seks Komersil (PSK), pengguna napza suntik dan warga binaan pemasyarakatan. Namun setelah beberapa tahun terakhir, kasus itu banyak ditemukan dan didominasi oleh IRT.

 

“Yang dijauhi itu penyakitnya bukan orangnya, karena penularan HIV/AIDS ini banyak faktornya, kami juga meminta masyarakat untuk rutin melaksanakan pemeriksaan di Puskesmas karena gratis,” tutupnya.(cup).

Berita Lainnya

Pembinaan Kampung KB dan Kampung Sejahtera Menuju Bengkulu Kota KB

BENGKULU–  Untuk meningkatkan pengelolaan Kampung KB dan Kampung Sejahtera, Kamis (14/11), Pemda Kota Bengkulu melalui ...

error: Content is protected !!