Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Lebong / Galian C Nakal Operasi Malam

Galian C Nakal Operasi Malam

Andree Ghama Putra

RIMBO PENGADANG – Polres Lebong diminta menindak tegas pengelola tambang galian C di Desa Talang Ratu, Kecamatan Rimbo Pengadang. Tambang yang diketahui izinnya habis dan belum diperpanjang itu masih beroperasi. Aktivitas penambangan batu di Sungai Ketahun tepi jalan lintas Curup-Muara Aman itu dilakukan malam hari.

‘’Kami minta Polres Lebong selaku penegak hukum penjarakan pengelola galian C nakal di Kecamatan Rimbo Pengadang. Jangan hanya menindak penambang kelas kecil saja,’’ kata tokoh masyarakat Lebong, Rozi Antoni.

Jika tidak dilakukan penindakan tegas, dikhawatirkan berpengaruh terhadap kelangsungan ekosistem alam di Kabupaten Lebong. Tidak menutup kemungkinan keberadaan penambang galian C liar akan semakin subur. Soalnya masyarakat terkesan sengaja dipertontonkan aktivitas penambangan galian C secara besar-besaran yang dilakukan perusahaan besar tak berizin.

‘’Kalau penegakan hukum tebang pilih, jangan salahkan masyarakat jika ke depan masyarakat tidak lagi mempercayai aparat penegak hukum. Selain melanggar perizinan, aktivitas penambangan galian C di Desa Talang Ratu itu juga sangat membahayakan pengguna jalan karena materialnya ditumpuk di tepi jalan raya yang padat kendaraan,’’ ungkap Rozi.

Sementara Hamdan, pengelola tambang galian C dimaksud belum bisa dikonfirmasi. Namun Kapolres Lebong, AKBP. Andree Ghama Putra, SH, S.IK melalui Kasat Reskrim, Iptu. Andi Ahmad Bustanil didampingi Kanit Tipiter, Aipda. Andi Sujarmoko, SH memastikan akan turun ke lapangan. Dalam waktu dekat pihaknya koordinasi ke Pemkab Lebong, khususnya Bidang Pendapatan, Badan Keuangan Daerah (BKD) dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DMPPTSP) guna memastikan tambang galian C yang mengantongi izin.

‘’Melalui pembayaran pajak, nanti akan tergambar mana saja galian C yang legal. Khusus untuk galian C yang ilegal akan kami tindak tegas. Kalau memang Pemkab Lebong telah turun ke lapangan dalam rangka pengawasan, kami harapkan koordinasinya agar penindakan terhadap tambang galian C illegal dapat kami maksimalkan,’’ tutup Andi.(sca)

Berita Lainnya

Fortuner Ketua DPRD“Raib”, Batal Lelang

PELABAI – Jumlah mobil dinas (mobnas) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yang dilelang kembali berkurang. ...

error: Content is protected !!