Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Irigasi Rusak, Ribuan Hektare Sawah Kekeringan

Irigasi Rusak, Ribuan Hektare Sawah Kekeringan

NORMALISASI: Bersama ratusan masyarakat petani Kedurang, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi bergotong royong memperbaiki irigasi yang rusak.(foto: rio/rb)

KEDURANG – Menindaklanjuti laporan petani terkait ribuan hektare sawah kekeringan akibat saluran irigasi Selebang Desa Palak Siring Kecamatan Kedurang rusak, Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi langsung bergerak cepat. Dengan melibatkan langsung ratusan masyarakat, bupati menambal sejumlah titik saluran irigasi yang rusak, Selasa (13/8).

“Ya normalisasi dilakukan karena ribuan hektare sawah milik masyarakat Kedurang kekeringan. Makanya kita ajak seluruh petani di Kedurang bergotong royong perbaikan irigasi,” terang Gusnan.

Normalisasi dilaksanakan secara berkelanjutan, pihaknya akan kembali mengawasi saluran irigasi setelah kegiatan gotong royong ini. Dia menyebut pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi akan melakukan perbaikan saluran irigasi. “Sudah ada kontraknya dan direncanakan pekan depan sudah berjalan kegiatannya,” jelas Gusnan.

Di sisi lain, pihaknya akan mencarikan solusi untuk para petani ikan yang terdampak dari normalisasi tersebut. “Intinya bukan mematikan usaha para petani ikan ini. Kita tetap carikan solusi agar tidak lagi tergantungan dengan saluran irigasi tersebut. Misalnya dengan berternak ikan patin atau lele. Ke depan akan kita ajak berdiskusi para peternak ikan ini untuk mencarikan solusi pascanormalisasi ini,” ungkapnya.

Dia berharap setelah dilaksanakan gotong royong normalisasi saluran irigasi Selebang ini, sawah para petani kembali dialiri air dengan normal, sehingga kembali menjadikan nama Kecamatan Kedurang sebagai salah satu lumbung padi di Bengkulu Selatan.

“Saya harap tidak ada konflik pascagotong royong ini. Pihak penegak hukum siap mengambil tindakan jika masih ada yang membandel merusak saluran irigasi Selebang setelah gotong royong ini,” pungkas Bupati. (tek)

Berita Lainnya

Kecamatan Pino Raya Gelar Jambar Massal

PINO RAYA –Sebanyak 115 jambar dihidangkan dalam acara menjambar Kecamatan Pino Raya. Kegiatan ini dalam ...

error: Content is protected !!