Selasa , 10 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Jembatan Provinsi Berlantai Papan

Jembatan Provinsi Berlantai Papan

SWADAYA: Masyarakat Setia Budi swadaya mengganti papan lantai jembatan provinsi.(foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Di Kabupaten Mukomuko, masih terdapat jembatan semi permanen berlantai papan. Jembatan itu berada di Satuan Pemukiman (SP) IV Desa Setia Budi Kecamatan Teras Terunjam. Yang merupakan aset milik Pemprov Bengkulu. “Hanya jembatan itu yang agak mengkhawatirkan, panjangnya sekitar 30 meter. Selain itu sudah permanen,” kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko M. Yusuf, ST, MT.

Jembatan tersebut menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Meski masih bisa dilewati, jembatan tetap perlu dilakukan pergantian. Terutama dalam waktu dekat, konstruksi lantai papannya yang perlu ditangani.

“Masih bisa dilewati, sifatnya hanya perlu ganti papan saja,” kata Yusuf.

Menurut Yusuf, lantai jembatan itu tidak bisa bertahan lama. Terlebih cuaca di Mukomuko tidak menentu, terkadang hujan, tiba-tiba panas. Dipastikan, pemeliharaan lantai jembatan itu juga sulit. Karena sulitnya mendapatkan kayu yang cocok untuk lantai jembatan.

“Sudah kita ajukan untuk dibangun lantai permanen. Kalau lantai papan itu, cepat rusak, susah mencari kayunya,” sampai Yusuf.

Eks Plt Kades Setia Budi A. Fathoni mengatakan, jembatan yang di bawahnya mengalir Sungai Bodi, selalu jadi keluhan masyarakat. Dikeluhkan, karena lantainya masih papan. Hampir setiap tahun sambung Fathoni, warga swadaya menggantikan lantai jembatan.

“Tahun kemarin, masyarakat swadaya lagi. Tidak mengganti seluruhnya, tambal sulam saja. Mana yang sudah rapuh, diganti,” kata Fathoni.

Masyarakatn pun minta diganti permanen. Agar selamanya jembatan itu bisa digunakan dengan aman, tanpa khawatir jebol saat dilalui kendaraan. Mengingat jembatan berlantai jembatan, itu sulit untuk mencari kayunya.

“Kalau kini, bisa lewat, karena baru direhap dari swadaya masyarakat. Lantai masih papan kayu, kalau sudah rusak, susah kita mencari kayu. Mestinya dibangun permanen,” tandas Fathoni.

Untuk diketahui, ada enam jembatan di Kabupaten Mukomuko, jadi kewenangan dan tanggungjawab Pemprov Bengkulu. Baik itu pembangunan, penanganan, perbaikan dan lainnya. Pasalnya, jembatan menjadi penghubung ruas jalan provinsi. (hue)

Berita Lainnya

Pemerintah Kabupaten Pilih Tambahan Penghasilan Pegawai

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko memilih tetap menerapkan pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP) tahun 2020 mendatang. ...

error: Content is protected !!