Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Seluma / Komnas HAM Turun ke Seluma

Komnas HAM Turun ke Seluma

RAPAT: Tim Komnas HAM saat menggelar rapat bersama LBH APKB danperwakilan pedagang Pasar Tais, Senin (13/8).(foto: Yayan/RB)

SELUMA –  Komisi Nasional Hak Azazi Manusia (Komnas HAM) ke Seluma, Senin (13/8) untuk klarifikasi pengaduan LBH Advokasi Perisai Keadilan Bengkulu (APKB). Dimana APKB dua tahun lalu melayangkan pengaduan ke Komnas HAM atas dugaan pelanggaran HAM dialami pedagang Pasar Tais sewaktu dipindahkan ke Pasar Induk Sembayat, Februari 2017 lalu.

Tiga anggota Komnas HAM, Munafrizal Manan, Opi Mozalika dan M. Ridwan langsung menggelar pertemuan dengan LBH APKB di kediaman perwakilan pedagang Pasar Tais, Rusdi di Kelurahan Pasar Tais. Pertemuan juga dihadiri oleh pedagang yang saat ini masih bertahan berjualan di Pasar Tais, menolak relokasi ke Pasar Induk Sembayat.

‘’Pertemuan kita hari ini (Senin,red) untuk mengumpulkan bahan dan keterangan terkait laporan yang kita terima. Kita ingin tahu persis duduk perkaranya baik dari pedagang maupun dari Pemkab Seluma,’’ kata Komisioner Komnas HAM, Munafrizal Manan.

Dijelaskan Munafrizal, dari pertemuan bersama pedagang ini pihaknya akan mengumpulkan bahan untuk proses mediasi. Sehingga saat mediasi yang rencananya akan di gelar hari ini (14/8) dengan Pemkab Seluma, pihaknya telah mendapat gambaran permasalahan sebenarnya.

Sementara itu, juru bicara LBH AKPB mewakili pedagang Pasar Tais, Melyan Sori mengatakan ada dua poin laporan yang disampaikan ke Komnas HAM. Pertama pemindahan pedagang Pasar Tais terkesan sewenang-wenang tidak didukung aspek filosifis, yuridis dan sosiologis. Lalu ada indikasi adu domba oleh masyarakat atau demo tandingan yang dikerahkan oleh Pemkab Seluma. Terjadi pemblokiran jalan masuk Pasar Tais yang dibarengi juga dengan pemagaran dan penggusuran lokasi Pasar Tais dengan menggunakan alat berat oleh Pemkab Seluma.

‘’Atas laporan ini, kami berharap Komnas HAM dapat menindaklanjutinya. Kami minta Komnas HAM menfasilitasi memediasi laporan ini dengan Pemkab Seluma sesuai tuntutan dan laporan tersebut,’’ jelas Melyan Sori.

Terpisah, Kadisperindagkop UKM Seluma, H. Mulyadi, S.Sos mengatakan bahwa persoalan Pasar Tais telah selesai. Tidak ada lagi permasalahan. Terkait kunjungan dan rencana mediasi yang akan dilakukan oleh Komnas HAM, dirinya menyambut baik. Dipastikan ia akan hadir.

‘’Kalau dari kami Perindagkop UKM Seluma ini tidak ada permasalahan lagi. Kita telah relokasi pedagang sesuai prosedur dan tidak ada indikasi pelanggaran HAM,’’ tegas Mulyadi.(aba)

Berita Lainnya

Kalungan Bunga dan Tari Persembahan, Sambut Aisyah di SMAN 3

AIR PERIUKAN-Aisyah Rahmawati (16) pembawa baki bendera pusaka merah putih saat upacara penurunan bendera peringatan ...

error: Content is protected !!