Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Lirik Budidaya Lele Mutiara

Lirik Budidaya Lele Mutiara

MUKOMUKO – Pengembangan ikan lele mutiara di Kabupaten Mukomuko, akan ditingkatkan. Dalam waktu dekat ini, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko bakal memberikan bantuan induk ikan lele mutiara. Bantuan ini nantinya diperuntukkan untuk 2 unit pembibitan rakyat (UPR). “Kami akan memberikan bantuan sebanyak 40 induk ikan lele kepada dua UPR di Kecamatan Penarik,” kata Kabid Perikanan Budi Daya DKP Mukomuko, Azbas Novyan, S.Pi, MM.

Masing – masing UPR, nantinya  akan mendapatkan 20 induk ikan lele mutiara. Terdiri dari 10 ekor ikan betina dan 10 ekor ikan lela jantan.

DKP memberikan bantuan terhadap 2 UPR itu, lantaran usaha mereka sudah berbadan hukum. Mereka juga sebelumnya telah mengajukan proposal bantuan induk ikan lele.

“Kalau jumlah UPR yang ada di kabupaten Mukomuko sebanyak 6 unit. Dari jumlah itu, 3 UPR sudah berbadan hukum, dan 3 UPR lainnya, belum memiliki badan hukum,” terangnya.

Masih dijelas Azbas, bantuan puluhan induk ikan lele mutiara untuk 2 UPR itu, berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) yang ada di Kabupaten Mukomuko. Karena selama ini, DKP dan BBI juga memiliki tugas untuk membina dan mengembangkan usaha perikanan lele. Khususnya untuk UPR yang telah memiliki badan hukum.

“Kita utamakan UPR yang berbadan hukum yang kita bina,” kata Azbas.

Pihaknya optimis, pengembangan lele mutiara akan berhasil. Karena benih ikan yang bakal berikan, juga benih ikan yang sangat unggul. Dan selama ini sudah dipelihara dan dikembangbiakkan oleh BBI.

“Untuk sekarang ini, masih ada sebanyak 200 induk ikan lele mutiara. Dan sudah siap untuk disebarkan kepada masyarakat yang telah membentuk UPR berbadan hukum,” tukasnya. (hue)

Berita Lainnya

16 Tahun Jembatan Tidak Diperbaiki

AIR RAMI – Jembatan gantung sepanjang 40 meter kondisinya memprihatinkan. Jembatan ini merupakan akses penghubung ...

error: Content is protected !!