Senin , 26 Agustus 2019
Home / Metropolis / Perkuat Nilai Kebangsaan,23 Siswa Terbang ke NTB

Perkuat Nilai Kebangsaan,23 Siswa Terbang ke NTB

PELEPASAN: Sekdaprov Nopian Andusti didampingi Direktur Konsumer Banking BTN Budi Satria dan tamu undangan lainnya saat melepas SMN di Rumdin Wagub, Selasa (13/8).(foto: yunike/rb)

BENGKULU – Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) rutin digelar setiap tahun dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI. Selasa (13/8), 23 siswa tingkat SMA/SMK/SLB perwakilan 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu dilepas keberangkatannya ke Nusa Tenggara Barat (NTB) mengikuti SMN, salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Siswa hasil seleksi dari perwakilan kabupaten/kota ini dilepas langsung oleh Sekdaprov Nopian Andusti, dan ikut disaksikan Direktur Konsumer Banking Bank Tabungan Negara (BTN) Indonesia Budi Satria di Rumdin Wagub, kemarin. Sebanyak 23 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 14 perempuan ini akan mengikuti SMN di NTB selama 7 hari, dan 2 hari akan mengikuti kegiatan pengenalan BUMN di Jakarta.

“Syukur Alhamdulillah bisa terpilih ikut SMN. Jadikan ini momen untuk memperkenalkan, mempromosikan wisata Bengkulu. Sekaligus dapat mempelajari wisata dan budaya di NTB,” kata Nopian di hadapan siswa yang akan berangkat ke NTB.

Direktur Konsumer Banker BTN Budi Satria menerangkan, menyambut Hari Ulang  Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, PT BTN (Persero) Tbk menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Bengkulu. Diantaranya, Program SMN dalam rangka memperkuat nilai kebangsaan. Diawali dengan mengundang ratusan siswa untuk mengikuti seleksi.

Mereka yang terpilih telah melalui proses seleksi yang ketat. Berhasil memenuhi kriteria sebagai siswa berprestasi, berasal dari keluarga kurang mampu, memiliki kecakapan dalam bidang seni dan mudah bersosialisasi, serta berbudi pekerti yang baik. “Kami harap, mereka pulang selain mendapatkan pengalaman baru, mereka juga dapat berbagi ilmu kepada teman-teman mereka di Bengkulu,” ujar Budi.

Program SMN dilaksanakan 1 minggu di Pulau Seribu Kuba, 13 Agustus -20 Agustus 2019. Sementara siswa yang lulus seleksi di NTB akan mengikuti SMN di Bengkulu. Pihaknya mengapresiasi antusiasme dari para calon peserta SMN tahun ini. Apresiasi juga diberikan kepada  pemda,  pemprov, para pengajar dan orang tua siswa yang telah mendukung para siswa untuk terlibat dalam program SMN.

“Kami berharap para siswa bisa menjadi SDM yang unggul. Memiliki pengetahuan bernegara, mendalami Bhineka Tunggal Ika serta memahami nilai Pancasila. Mengenal kearifan lokal, nilai budaya, dan melihat potensi ekonomi dari daerah yang mereka kunjungi,” beber Budi.

Sedangkan siswa dari NTB yang mengikuti Program SMN di Bengkulu, sejak tanggal 2 –9 Agustus lalu sudah mengunjungi sejumlah tempat. Diantaranya museum Bengkulu, wisata hutan Mangrove, kunjungan ke konservasi penyu dan mendapatkan pelatihan batik tulis, serta melihat langsung pengolahan kopi dan teh di Kabupaten Kapahiang dan Rejang Lebong. “Program SMN ini dilakukan di seluruh Indonesia. Saling bertukar tradisi, dan kebudayaan masing-masing daerah agar lebih mencintai Indonesia dan memperkuat nilai kebangsaan,” demikian Budi. (key)

Berita Lainnya

Latih Merakit Robot Lego, Akademisi Turun ke Sekolah

BENGKULU– Tim dari Universitas Bengkulu dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) sukses menggelar Pelatihan Robotik Lego ...

error: Content is protected !!