Senin , 26 Agustus 2019
Home / Metropolis / Proyek Jalan DAK Dikejar Waktu

Proyek Jalan DAK Dikejar Waktu

PROYEK: Proyek pelebaran Jalan Semarak Bentiring tahun ini baru mulai dikerjakan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).(foto: wahyu/rb)

BENGKULU – Setelah melewati proses lelang yang panjang, akhirnya proyek pembangunan pelebaran Jalan Semarak Bentiring dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 6 miliar baru mulai dikerjakan. Mengingat batas waktu tiga bulan lagi, DPRD kota pesimis proyek tersebut akan tuntas tepat waktu.

“Waktunya sekarang saja memang sudah mepet sekali, sementara proyek jalan baru dikerjakan. Ya kita berharap proyek yang dikerjakan nanti jangan asal jadi. Karena dikejar oleh waktu tutup anggaran yang sebentar lagi,” ketus Anggota Komisi II DPRD Kota Heri Ifzan, SE.

Dia menilai, seharusnya sejumlah proyek jalan di Kota Bengkulu saat ini sudah ada yang dikerjakan tuntas lantaran sudah habis triwulan ketiga. Selain itu mengingat sisa waktu anggaran saat ini sangat terbatas.

“Sebab ini saja sudah hamper masuk triwulan terakhir.  Sebentar lagi ini sudah masuk bulan september. Artinya proyek infrastuktur itu menyisahkan waktu 3 bulan sampai tutup anggaran. Inilah yang menjadi perhatian bersama,” ungkap Heri.

Selain itu lanjut Heri, walikota juga harus cepat tanggap terkait soal proyek jalan yang baru dikerjakan tersebut. Menurutnya, sisa waktu akhir tahun yang tinggal tiga bulan lagi, proyek jangan dikerjakan asal-asalan atau tidak sesuai dengan ketentuan. “Kita mengharapkan waktu yang mepet ini, agar PUPR terus mengawasi ketat sejumlah kontraktor yang mengerjakan proyek, agar tidak asal-asalan yang bisa menimbulkan persoalan hukum dikemudian hari,” bebernya.

Heri juga menjelaskan, bahwa pengerjaan proyek yang didanai oleh APBD, harus mengacu pada sejumlah aturan. Diantaranya Permendagri 13 tahun 2006 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Peraturan Presiden Nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 Tentang Pengadaan Barang/jasa Pemerintah.

Senada disampaikan Anggota DPRD Kota lainnya M. Awaludin mengungkapkan, dengan kondisi keterbatasan waktu saat ini pihaknya berharap bahwa proyek ibfrastuktur jalan tersebut jangan dikerjakan asal-asalan saja. “Meskipun waktunya singkat. Ya kualitas pembangunan jalan harus bagus. Jangan nanti mau asal cepat tuntas pengerjaannya, namun kualitas buruk tentu hal itu yang tidak kita diinginkan nantinya,” terang Awaludin.(new)

Berita Lainnya

Latih Merakit Robot Lego, Akademisi Turun ke Sekolah

BENGKULU– Tim dari Universitas Bengkulu dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) sukses menggelar Pelatihan Robotik Lego ...

error: Content is protected !!