Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Sambut Hari Kemerdekaan, Warga Buat Replika Meriam

Sambut Hari Kemerdekaan, Warga Buat Replika Meriam

MONUMEN: Monumen meriam dibuat warga Desa Taba Lagan Kecamatan Semidang Lagan untuk menyambut peringatan hari Kemerdekaan RI yang diperingati setiap  tanggal 17 Agustus.(foto: fintah/rb)

BENTENG – Banyak cara bisa dilakukan untuk iktu merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus. Salah satunya dilakukan oleh warga Desa Taba Lahgan Kecamatan Semidang Lagan. Mereka membuat replika meriam dari batang pinang dan bambu.

Hasil karya tangan pemuda desa itupun saat ini sudah diletakkan di Simpang Tiga Taba Lagan. Warga sengaja memilih membuat hiasan meriam sebagai simbol senjata yang digunakan warga Taba Lagan. “Kami memiliki peninggalan atau warisan meriam kecil yang masih ada sampai sekarang,” terang Kades Taba Lagan, Oto Komri.

Dijelaskannya, meriam yang dipasang tepat dipertigaan merupakan replika dari meriam sejarah yang tidak dikeluarkan sembarangan. Karena, meriam sejarah nantinya akan bisa diperlihatkan ketika ada kegiatan besar di Desa Taba Lagan. Komri mengisahkan, perjuangan pasa leluhur desa mereka dalam mempertahankan daerah yang saat ini terbagi atas beberapa desa, tak luput dari peran serta meriam kecepak yang akhirnya membuat sejarah perlawanan rakyat di Taba Lagan menjadi cerita yang terus ada sampai saat ini.

Bahkan saat ini meriam kecepak dianggap masih memiliki nilai magis atau keramat. “Makanya meriam kecepak yang asli masih disimpan dan belum bisa diperlihatkan bila tidak tepat waktunya,” ujarnya.

Selain replika meriam, Taba Lagan yang memiliki sejarah perjuangan di masa lalu, juga memasang tanda desa saat ini dengan gapura yang juga ada contoh meriam kecil di atasnya.(vla)

Berita Lainnya

Diberi Identitas, Taman Hutan Raya Jadi Spot Foto Baru

BENTENG –  Identitas Taman Hutan Raya Rajo Lelo di Desa Tanjung Terdana, Kecamatan Pondok Kubang, ...

error: Content is protected !!