Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Teramang Jaya Dibangun Ina-TEWS

Teramang Jaya Dibangun Ina-TEWS

Syahrizal

MUKOMUKO – Lokasi rawan bencana gempa bumi dan tsunami, Kabupaten Mukomuko akhirnya bakal dipasang Indonesia Tsunami Early Warning System (Ina-TEWS). Pendukung untuk sistem tersebut adalah bangunan shelter, yang rencananya akan dibangun akhir tahun ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mukomuko, Syahrizal, SH mengatakan, rencana lokasi pembangunannya di Desa Teramang Jaya Kecamatan Teramang Jaya. Pembangunannya akan dilaksanakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat.

“Ini bantuan dari BMKG pusat melalui BMKG Kepahiang. Akan direalisasikan dalam tahun ini,” sampai Syahrizal.

Shelter Ina-TEWS yang dibangun itu, berukuran 4 x 4 meter. Nantinya di dalam bangunan tersebut, BMKG akan melengkapinya dengan seismograf atau alat untuk mengukur kekuatan gempa. Dan tim dari BMKG pusat pun sudah turun ke Mukomuko untuk melakukan peninjauan lokasi.

“Untuk sekarang ini kita hanya tinggal menunggu realisasinya saja. Beberapa hari yang lalu, kami sudah mendampingi kepala dan tim dari BMKG. Untuk meninjau lokasi yang akan dibangun bangunan shelter Ina-TEWS,” ujarnya.

Syahrizal menambahkan, dalam pembangunan itu, Pemkab Mukomuko hanya bertugas menyediakan lahan. Sedangkan seluruh anggaran untuk pembangunan fasilitas itu, ditanggung oleh pemerintah pusat.

Diharapkan, adanya fasilitas ini di Kabupaten Mukomuko, akan menambah sensitivitas masyarakat dengan potensi bencana. Khususnya bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami. Dengan begitu, risiko bencana terutama korban jiwa, semakin dapat diminimalisir.

“Lahan sudah ada, hasil hibah dari masyarakat. Semoga saja dengan adanya bangunan tersebut, masyarakat akan lebih tahu dan lebih siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam gempa dan tsunami,” harap Syahrizal. (hue)

Berita Lainnya

16 Tahun Jembatan Tidak Diperbaiki

AIR RAMI – Jembatan gantung sepanjang 40 meter kondisinya memprihatinkan. Jembatan ini merupakan akses penghubung ...

error: Content is protected !!