Kamis , 19 September 2019
Home / Borgol / Vonis 1 Tahun 3 Bulan, Sanusi Ajukan Banding

Vonis 1 Tahun 3 Bulan, Sanusi Ajukan Banding

Slamet Suripto

BENGKULU – Pengadilan Negeri (PN) Bengkulu menjatuhkan vonis penjara selama 1 tahun tiga bulan terhadap terdakwa penggelapan BBM jenis solar, seorang pengusaha angkutan BBM, Sanusi Sani (69). Warga Jalan Adam Malik Kelurahan Pagar Dewa ini dinyatakan hakim terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan penipuan penjualan solar nonsubsidi sebanyak 20 ton.

“Dalam amar putusan itu terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 378 tentang penipuan jo pasal 55, karena mereka secara bersama-sama,” jelas Humas PN Bengkulu PaniteraMajelis Hakim Ketua, Slamet Suripto, SH.

Lebih lanjut Slamet Suripto mengatakan jika atas putusan yang dibacakan tersebut Sanusi melalui pengacaranya langsung mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Bengkulu. “Ya yang bersangkutan mengajukan banding dan putusannya sudah kirimkan ke PT, ditangani PT,” sampainya.

Sekadar mengingatkan, perkara yang menjerat Sanusi berawal dari laporan ke Polda Bengkulu dari PT. Mitra Cahaya Bersaudara (MCB) terkait dugaan penipuan dan atau penggelapan. Dimana, terlapor ini bersama dengan rekannya, Rusman melakukan pemesanan solar nonsubsidi sebanyak 20 ton. Akan tetapi setelah pemesanan solar sudah dilakukan ternyata tidak kunjung dibayarkan senilai Rp 172 juta.

Sebelumnya, Sanusi juga sempat menyatakan klarifikasinya saat ditemui di Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu pada 9 April 2019 lalu. Sanusi mengatakan jika dirinya tidak melakukan pembayaran atas pemesanan solar tersebut karena dokumennya tidak lengkap. Dia juga sudah meminta agar solar tersebut ditarik kembali. Namun tidak juga diambil.(zie)

Berita Lainnya

BPN Segera Ukur Ulang Lahan Hibah Pemerintah Kota

BENGKULU –  Sejak naik status dari penyelidikan dan penyidikan atas dugaan korupsi memperjualbelikan lahan hibah ...

error: Content is protected !!