Senin , 26 Agustus 2019
Home / Daerah / Lebong / Wajib Punya BUMDes

Wajib Punya BUMDes

Rosjonsyah

PELABAI – Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si meminta Pemerintah Kecamatan Pinang Belapis mendesak 2 desa yang belum membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) segera merealisasikannya tahun ini. Diharapnya 2020, BUMDes kedua desa, yakni Ketenong I dan Bioa Putiak sudah berjalan. ‘’Masa belum punya BUMDes, sementara desa lain sudah ada,’’ ujar Rosjonsyah.

Jabatan kepala desa (kades) yang diduduki pejabat sementara (Pjs) tidak bisa dijadikan alasan karena melalui Pjs sekalipun Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tetap bisa dicairkan. Sementara salah satu tujuan program DD itu adalah pembentukan BUMDes yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. ‘’Bagaimana desa bisa mengembangkan potensi yang ada di desanya kalau tidak punya BUMDes,’’ terang Rosjonsyah.

Ia juga mengingatkan seluruh camat mengawasi pengelolaan BUMDes yang telah dibentuk 91 desa. Harus dipastikan BUMDes yang telah dibentuk dikelola dengan maksimal agar tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Penghasilan Asli Desa (PADes) benar-benar tercapai. ‘’Sangat disayangkan juga kalau sampai saat ini baru dua desa yang sudah menghasilkan keuntungan dari pengelolaan BUMDes,’’ papar Rosjonsyah.

Artinya camat yang desanya belum mampu mengelola BUMDes dengan maksimal bisa koordinasi dengan camat lain yang desanya sudah menghasilkan PAD melalui BUMDes. Itu sebagai fungsi pengawasan camat terhadap pembangunan desa. Camat harus mencari akar permasalahan BUMDes yang belum menghasilkan PAD. ‘’Kalau memang kesulitan, koordinasi ke Dinas PMDS (Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial, red) guna penentuan kebijakan,’’ ungkap Rosjonsyah.

Sementara Camat Pinang Belapis, Erwan Toni belum berhasil dikonfirmasi. Sekadar mengingatkan, Desa Ketenong I dan Desa Bioa Putiak belum memiliki BUMDes karena masing-masing kadesnya terseret kasus korupsi atas realisasi DD dan ADD. Sementara 2 desa yang sudah menghasilkan keuntungan dari pengelolaan BUMDes itu, Desa Daneu, Kecamatan Lebong Atas yang mengelola BUMDes bidang sarana produksi pertanian dan perkebunan serta Desa Mangkurajo, Kecamatan Lebong Selatan yang mengelola BUMDes di bidang jasa sewa tenda. (sca)

Berita Lainnya

Copot Kadis PUPR Provinsi

LEBONG SAKTI – Kendati tahun anggaran tinggal menyisakan waktu efektif 3 bulan, Dinas Pekerjaan Umum ...

error: Content is protected !!