Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 59 Desa di Bengkulu Selatan Rawan Pangan

59 Desa di Bengkulu Selatan Rawan Pangan

Iskandar Az

KOTA MANNA –Untuk kondisi terkini ternyata Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dinyatakan termasuk kategori rawan pangan. Kendati Bengkulu Selatan jadi salah satu penghasil jagung terbesar di Provinsi Bengkulu.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkulu Selatan, Ir. Iskandar AZ. M. Ia mengatakan kerawanan pangan ini terdiri dari gagal panen, dan hasil panen yang tak sesuai harapan.

Mayoritas petani Kabupaten Bengkulu Selatan terdiri dari petani padi, dimana saat musim tanam tiba, kemarau melanda dan bikin pertumbuhan padi kurang sempurna. Kondisi ini membuat hasil panen tidak sesuai harapan.

Dari 11 kecamantan i Kabupaten Bengkulu Selatan Kedurang paling banyak menyumbang desa rawan pangan dengan 17 desa. Disusul di Kecamatan Pino Raya 12 desa.

Karena itu Dinas Ketahanan Pangan Bengkulu Selatan ingin masyarakat Bengkulu Selatan, manfaatkan pekarangan rumah sebagai lokasi untuk menanam– seperti ubi dan jagung. Ini agar pangan masyarakat BS bisa terbantukan dengan tananman yang ada disekitar pekarangan rumah.

“Ya, khususnya desa-desa yang rawan pangan itu, supaya manfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanan tanaman yang dapat membantu pangan. Misalnya seperti ubi yang bergizi dan sehat,” ujar Iskandar.

Tetapi saat ini sambung Iskandar, pihaknya kini masih terkendala dengan perdes hewan ternak yang masih berkeliaran. Sebab salah satu masyarakat enggan memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya karena masih banyaknya hewan ternak tidak dikandangankan.

Karena itu, Dinas Ketahanan Pangan meminta kepada pemilik ternak supaya mengandangkan hewan ternaknya, agar dapat bercocok tanam di pekarangan rumah.

“Kendalanya sebab masih banyak ternak yang berkeliaran. Kalau perdes hewan ternak itu benar-benar ditegakkan, dipastikan seluruh pekarangan rumah warga dapat dimanfatkan. Tak perlu khawatir dimasuki hewan ternak,” tandasnya.(tek)

Berita Lainnya

Kecamatan Pino Raya Gelar Jambar Massal

PINO RAYA –Sebanyak 115 jambar dihidangkan dalam acara menjambar Kecamatan Pino Raya. Kegiatan ini dalam ...

error: Content is protected !!