Jumat , 28 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Penilaian Kepala OPD

Penilaian Kepala OPD

Yudi Satria

KOTA MANNA – Sembari tunggu hasil asassmen Esselon II yang belum juga diserahkan pada Bupati Bengkulu Selatan (BS), kini Pemkab Bengkulu Selatan membuka penilaian evaluasi berdasarkan laporan kinerja Kepala OPD yang dilakukan masing–masing staf ataupun karyawan di OPD yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Penilaian kinerja Kepala OPD, berdasarkan hasil laporan staf serta karyawan menjadi agenda penting pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan. Ini karena dengan adanya penilaian melalui kuisioner yang wajib diisi oleh semua staf dan karyawan merupakan bentuk transparansi kebijakan kepala daerah untuk melakukan proses mutasi Esselon II.

Bahkan proses penilaian ini akan dilakukan setelah hasil asassmen yang dilakukan tim pansel telah keluar. Ini karena, keputusan untuk mutasi Esselon II berada sepenuhnya ditangan Bupati Bengkulu Selatan.

Karena itu, dengan ada kuisioner penilaian kinerja Kepala OPD akan menjadi salah satu dasar evaluasi jabatan yang akan dilakukan oleh Bupati Bengkulu Selatan.

Dijelaskan Sekda Bengkulu Selatan, Yudi Satria, SE, MM, kuisioner yang dilakukan ini, wajib untuk diikuti semua staf di Pemkab Bengkulu Selatan. Sehingga transparansi birokrasi akan terlihat dari kinerja setiap kepala OPD.

“Nantinya akan terlihat kinerja Kepala OPD setelah ada penilaian dari bawahan. Karena semua memiliki hak untuk menilai kinerja,” terang Yudi.

Lebih lanjut Yudi mengatakan keterlambatan penyerahan hasil asassmen untuk Esselon II itu, karena masih harus dilakukan beberapa perbaikan.

Tetapi terpenting, saat ini hasil evaluasi itu sudah berada di Universitas Bengkulu. Kalau tidak ada aral melintang, pada akhir Agustus ini bakal ada evaluasi terhadap 22 Esselon II. ‘’Ya kemungkinan akhir Agustus ini,” demikian Yudi.(tek)

Berita Lainnya

Mobnas Dewan Ditarik

KOTA MANNA – Pasca pembelian tiga unit mobnas unsur pimpinan DPRD Bengkulu Selatan, Badan Pengelolaan …