Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Satu Sel Lapas Dihuni 15 Napi

Satu Sel Lapas Dihuni 15 Napi

ARGA MAKMUR – Permasalahan over kapasitas masih melanda Lapas Kelas II B Arga Makmur. Hal ini diungkapkan Kalapas Arma Yurdani, Bc.Ip, S,Sos dalam acara pemberian remisi memperingati HUT RI, Sabtu (17/8).

Yurdani menuturkan Lapas Arga Makmur berkapasitas 180 orang. Namun saat ini dihuni oleh 450 narapidana (napi) dan tahanan dari Bengkulu, Bengkulu Tengah (Benteng) dan Mukomuko yang masih menginduk di Lapas Arga Makmur. ‘’Over kapasitasnya lebih dari dua kali lipat,” kata Yurdani.

Jika satu kamar sel idealnya dihuni 8 orang napi ataupun tahanan, kini satu kamar sel di lapas Arga Makmur dihuni hingga 15 napi dan ada satu sel 20 orang. Namun Lapas Arga Makmur tetap berusaha memperlakukan napi dan tahanan dengan baik sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

‘’Warga binaan kita (napi dan tahanan) tak hanya dari Bengkulu Utara saja, tetapi juga dari dua kabupaten lainnya. Ditambah lagi kita belum memiliki rumah tahanan, sehingga mereka yang masih berstatus tahanan dan akan menguikuti persidangan masih dititipkan di sini (Lapasa). Sehingga penghuninya membludak,” terangnya.

Dibagian lain bertepatan dengan HUT RI, Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian menyerahkan salinan keputusan Menkum dan HAM, resmisi 304 Napi Lapas Arga Makmur. Tiga diantaranya langsung bisa menghirup udara bebas di hari kemerdekaan. ‘’Untuk kasus pidana khusus narkoba, korupsi dan terorisme tidak kita ajukan untuk mendaptkan remisi,” terang Kalapas.

Sementara Bupati Mian menuturkan bahwa warga binaan Lapas adalah masyarakat Bengkulu Utara. Meski tengah menjalani hukuman, namun ia berharap tidak terpukul dan tetap menunjukan karya-karya positif.

“Di Lapas ini banyak kegiatan yang positif untuk diikuti. Selesai masa hukuman nanti, tentunya kami berharap bisa kembali berbaur dengan masyarakat dan menjadi lebih baik lagi,’’ imbuh Mian.(qia)

Berita Lainnya

Warga Mulai Terserang ISPA

ARGA MAKMUR – Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi seminggu ini di Kecamatan Enggano terutama ...

error: Content is protected !!