Selasa , 19 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 25 Hektare Kebun dan Hutan Terbakar di Enggano

25 Hektare Kebun dan Hutan Terbakar di Enggano

PEMADAMAN: Warga yang bergotong royong memadamkan api bersama polisi dan TNI.(foto: ist/rb)

ENGGANO – Kebakaran lahan kembali terjadi di Kecamatan Enggano Bengkulu Utara (BU). Setelah terjadi Jumat (16/8) lalu, Minggu (18/8) sekitar 25 Hektare lahan perkebunan warga dan lahan hutan belukar terbakar sekitar pukul 09.00 WIB hingga sore Minggu (18/8).

Kebakaran hutan ini bisa dipadamkan warga serta Tripika sekitar pukul 15.30 WIB dengan bergotong royong. Namun beberapa titik api yang terkadang membesar membut warga terus masuk ke kawasan hutan yang terbakar.

Tak banya itu, Kecamatan Enggano sempat diliputi kabut asap lantaran luasnya kawasan hutan yang terbakar. Untungnya kondisi itu tidak terlalu lama terjadi setelah api berhasil dipadamkan.

Kejadian ini berawal saat warga tengah melakukan pembersihan kebun dengan membakar sampah di sekitar kebunnya. Namun keringnya ranting dan angin kencang membuat api menjalar hingga ke perkebunan warga dan kawasan hutan.

Camat Enggano, Marlansius menuturkan, hingga tadi malam kondisi di Enggano sudah kondusif setelah warga bergotong royong memadamkan api. Di sekitar kawasan juga tak ditemukan lagi titik api melainkan hanya asap sisa api yang dipadamkan.

“Kejadian ini tidak ada faktor kesengajaan. Kondisi kawasan yang kering dan kencangnya angin menyebabkan api cepat menjalar,” terangnya.

Pascakejadian Minggu (18/8), polisi, TNI dan pihak kecamatan mendatangi desa-desa dan mengimbau agar warga tidak mengelola kebun dengan cara dibakar. Apalagi saat ini di Enggano tengah kemarau yang bisa membahayakan jika dilakukan pembakaran.

“Karena jika terus terjadi kebakaran juga akan meresahkan masyarakat dengan kondisi asap. Makanya kita mengimbau,” katanya. (qia)

Berita Lainnya

Nama Desa Di Sertifikat Beda

ARGA MAKMUR – Meskipun belum melalui tahap pertama persidangan yaitu mediasi, namun kedua pihak sudah ...

error: Content is protected !!