Senin , 21 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Jaring Ulang Peserta Seleksi BPD

Jaring Ulang Peserta Seleksi BPD

Jaka Santoso

BENTENG – Desa Talang Curup Kecamatan Pagar Jati, dipastikan akan melakukan penjaringan ulang untuk seleksi peserta pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Hal ini dikarenakan, jumlah peserta yang mendaftar tidak memenuhi kuota yang telah ditetapkan dalam aturan mengenai pemilihan anggota BPD.

“Sampai dengan penutupan, hanya ada 5 peserta yang mendaftar,” terang Kabag Pemerintahan, Setdakab Benteng, Drs. Jaka Santoso, Minggu (18/8).

Dijelaskannya, seharusnya setiap desa minimal berjumlah 6 peserta pada saat pemilihan anggota BPD yang akan dilaksanakan pada 8 September mendatang. Jaka mengaku telah menginstruksikan kepada panitia seleksi anggota BPD di Desa tersebut, untuk bisa membantu memenuhi  kuota yang kurang. “Caranya, yakni bisa dengan menunjuk pendamping agar pelaksanaan pemilihan BPD nantinya bisa berjalan,” katanya.

Jaka optimis hal tersebut bisa terpenuhi sebelum dilaksanakannya pemilihan BPD serentak se-Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Diketahui, pemilihan BPD se-Kabupaten Benteng akan dilaksanakan pada 112 desa. Semua panitia di tingkat desa telah diinstruksikan untuk mempersiapkan hal tersebut, termasuk anggarannya.

Pemkab Benteng tidak menganggarkan di APBD untuk pemilihan BPD. Anggaran seperti biasa dibebankan kepada seluruh peserta atau ditanggung oleh pihak Pemerintah Desa. Saat ini, seleksi administrasi sedang dilakukan oleh semua panitia pemilihan BPD di masing-masing desa. Bagi peserta yang tidak memenuhi syarat lengkap, dipastikan akan tidak bisa melanjutkan ke tahapan pemilihan nanti.

Ketua BPD Kabupaten Benteng, Albert Satya Jaya, SE meminta, setiap panitia di tingkat desa memberikan ruang dan waktu untuk calon BPD nantinya menyampaikan visi dan misi di depan seluruh masyarakat. Hal itu akan memberikan nilai tambah bagi calon anggota BPD, apakah memang layak dipilih masyarakat melalui gagasan yang diutarakan secara langsung. “Tolak ukur juga untuk masyarakat sebelum menentukan pilihannya,” pungkasnya. (vla)

Berita Lainnya

Pengacara Kades Mengundurkan Diri

BENTENG – Pengacara Kepala Desa (Kades) non aktif, salah satu desa di Kecamatan Talang Empat ...

error: Content is protected !!