Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Produksi Perikanan Darat Capai 5.350 Ton

Produksi Perikanan Darat Capai 5.350 Ton

Taman

CURUP – Kabupaten Rejang Lebong (RL) tidak hanya memiliki potensi produski sektor pertanian saja, melainkan juga memiliki potensi produksi pada sektor perikanan. Dimana setiap tahunnya, Kabupaten RL bisa menghasilkan produksi perikanan darat mencapai 5.350 ton dan ini dihasilkan dari produksi kolam air deras dan kolam air tenang.

Diungkapkan Kadis Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL Taman, SP, M.Si didampingi Kabid Perikanan Aryanto kepada RB, produksi perikanan darat tersebut tersebar di beberapa kecamatan. Untuk budidaya perikanan kolam air deras banyak bersumber dari wilayah Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) yang kolam produksinya mencapai 250 unit. Sedangkan untuk kolam air tenang tersebar hampir diseluruh wilayah kecamatan. Terbanyak berada di wilayah Kecamatan Curup, PUT, Curup Selatan, Curup Utara, Bermani Ulu dan Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR).

‘’Meskipun begitu, jumlah produksi yang kita miliki saat ini masih belum bisa memenuhi kebutuhan untuk masyarakat Kabupaten Rejang Lebong sendiri yang mencapai 10.500 tin/tahun. Namun bisa ditutupi dengan pasokan ikan dari Lubuk Linggau dan Tugumulyo Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel),’’ terang Taman.

Jenis-jenis ikan dari perikanan darat ini yang dihasilkan, tambah Taman, yaitu Ikan Nila, Mas, Lele dan Ikan Gurami. ‘’Agar bisa meningkatkan produksi ikan dan memenuhi kebutuhan masyarakat Rejang Lebong, kita terus berupaya. Salah satunya dengan bantuan benih ikan berbagai jenis, pakan dan peralatan pendukung usaha perikanan darat kepada kelompok pembudidaya ikan. Serta upaya-upaya lain agar pengelola usaha perikanan bisa semakin meningkatkan produksi perikanan darat mereka,’’ demikian Taman.(dtk)

Berita Lainnya

Diduga Sakit, Warga Sidorejo Ditemukan Meninggal dalam Pondok

BERMANI ULU – Warga di Desa Baru Manis Kecamatan Bermani Ulu, Selasa (22/10) pagi pukul ...

error: Content is protected !!