Senin , 24 Februari 2020
Home / Daerah / Curup Pos / Lapas Curup Over Kapasitas

Lapas Curup Over Kapasitas

CURUP – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup hingga saat ini masih menjadi penampung tahanan serta narapidana (Napi) yang sedang menjalani proses persidangan maupun yang kepastian hukumnya sudah diputus oleh pengadilan di tiga kabupaten. Masing-masing Kabupaten Rejang Lebong (RL), Kepahiang dan Kabupaten Lebong.

Hal ini membuat kapasitas atau daya tampung Lapas Curup selalui over kapasitas. Dari jumlah daya tampung yang hanya 250 orang. Saat ini setidaknya Lapas Curup menampung 671 orang. ‘’Mereka ini merupakan titipan tahanan kepolisian maupun kejaksaan, serta narapidana yang sudah mendapatkan putusan dan menjalani hukuman dari tiga wilayah kabupaten,’’ terang Plt. Kepala Lapas Kelas II A Curup Hari Winarca, BC.Ip, S.Sos, MH kepada RB.

Namun begitu, dengan daya tampung yang sudah over kapasitas tersebut, kondisi Lapas Kelas IIA Curup tetap bisa terkendali dan kondusif. Hal ini dengan upaya pembinaan mental dan spritual secara berkelanjutan, termasuk pemberian bekal keterampilan selama menjadi warga binaan di Lapas Curup.

‘’Kita bekerjasama dengan kepolisian, Disnaker Provinsi Bengkulu, Kemenag Rejang Lebong serta Pemkab Rejang Lebong dan OPD jajarannya dalam pembinaan mental dan spiritual serta pembinaan keterampian warga binaan. Upaya lain, kita sudah koordinasikan dengan Pemkab soal rencana pembangunan Lapas Baru dengan lahan yang lebih memadai,’’ demikian Hari.(dtk)

Berita Lainnya

Pemda Harus Siapkan Solusi Soal Pedagang di Pasar Kuliner yang Ngotot Tak Mau Pindah

CURUP- Wisata Pasar Kuliner di komplek Lapangan Setia Negara Kecamatan Curup, semakin hari semakin ramai …