Minggu , 23 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 46 Rumah Tidak Layak Huni Dibantu

46 Rumah Tidak Layak Huni Dibantu

BANTU: Penyaluran bantuan bedah rumah untuk masyarakat kurang mampu oleh Pemkab Bengkulu Selatan dan Baznas.(foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Penyaluran bantuan untuk  meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) terus dilakukan Pemkab Bengkulu Selatan.

Sampai sekarang sudah 46 unit rumah warga tak mampu telah dibantu melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Dana bantuan yang disalurkan bersumber dari zakat, infak dan sedekah dari masyarkat Kabupaten Bengkulu Selatan.

Untuk itu Assisten III Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, Arjo Arifin, MM, menjelaskan bantuan yang disalurkan tersebut merupakan uang masyarkat Bengkulu Selatan yang memiliki kemampuan finansial yang lebih.

Pemkab melalui Baznas hanya menyalurkannya saja. Jadi kepada penerima bantuan diminta dapat memaksimalkan bantuan yang diberikan meski jumlahnya sedikit.

‘’Pemkab terus berupaya membantu masyarkat yang kurang mampu. Rumah yang direhab itu diharapkan bisa meningkatkan semangat baru bagi penghuninya,” ujar Arjo.

Tapi Arjo berpesan setiap pembagunan rumah yang mendapat bantuan, harus miliki tempat Mandi, Cuci dan Kakus (MCK). Karena selama ini masih banyak warga yang tak mampu ini, tidak memperhatikan kesehatan.

“Pesan Pak Bupati, bantuan bedah rumah ini harus ada kamar mandi dan WC. Ini penting,  tak lain untuk standar rumah sehat. Jangan nanti seperti sebelumnya ada bantuan bedah rumah, tapi tidak ada kamar mandi dan WC,” ujar Arjo.

Sementara itu Wakil Ketua Baznas Bengkulu Selatan, Yasin mengatakan selain program bedah rumah juga masih banyak program Baznas lainnya. Yakni bidang bantuan modal usaha. Lalu bantuan pendidikan, bantuan kesehatan, sosial, bantuan pertanian serta da’i dan advokasi.

‘’Selain program bedah rumah, masih banyak bantuan yang disalurkan. Diantaranya modal usaha. Karena ini penting guna melanjutkan mata pencarian masyarakat yang tak mampu,” demikian Arjo.(tek)

Berita Lainnya

Seminggu Hilang, Motor Ditemukan

KOTA MANNA –Polsek Kedurang berhasil mengamankan satu unit motor jenis Yamaha Mio M3 warna putih …