Selasa , 22 Oktober 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Terkoneksi Serba Digital

Terkoneksi Serba Digital

Ruslan

MUKOMUKO – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mukomuko, Drs. H. Ruslan, M.Pd, menyatakan tahun 2020 seluruh pelayanan di lingkungan Pemkab Mukomuko serba elektonik.

Ini karena Pemkab Mukomuko mulai terapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). ‘’Dalam tahun ini sedang dibuat dokumen masterplannya,” papar Ruslan.

Pelayanan serba elektronik ini langsung menyasar empat elemen. Yakni pemerintah, aparatur sipil negara (ASN), pelaku usaha dan masyarakat. Seperti pemerintah, mulai dari urusan surat menyurat, penyusunan perencanaan, penganggaran hingga monitoring dan evaluasi menggunakan sistem elektonik. “Layanannya e-Office, e-Planning, e-Budgeting dan e-Monev,” terang Ruslan.

Sedangkan untuk ASN, layanan serba elektoniknya berupa e-Kepegawaian dan e-Pensiun. Kemudian untuk pelaku usaha layanan berupa e-Procurement dan e-Perijinan. Terakhir layanan untuk masyarakat berupa e-Pengaduan, e-Kesehatan dan e-Pendidikan.

“Semua layanan ini pusatnya ada di Diskominfo. Jadi semua pelayanan nanti pakai sistem online. Masyarakat akan sangat dimudahkan,” klaim Ruslan.

Dengan pelayan demikian, sambung Ruslan, dapat menghindari dan meminimalisir akan terjadi pungutan liar (Pungli). Kemudian masyarakat pun tidak perlu waktu panjang dalam mengurus sesuatu dan tidak berbelit-belit. Karena tujuan dari SPBE tersebut meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan SPBE.

“Ini tentunya akan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, efektif dan akuntabel,” jelasnya.

Selain sedang dibuat masterplan, dalam tahun ini juga sedang dituntaskan rancangan peraturan daerah (Raperda) terkait SPBE. Pihaknya akan studi banding dan mengambil sejumlah aplikasi yang sudah dikembangkan oleh pemerintah daerah lain. Diantaranya ke Yogyakarta dan Bojonegoro serta ke Kementerian.

“Kita ambil yang lebih simpel aplikasinya. Jadi bisa membuka layanan hingga sampai ke desa. Terkait server, kita sudah ada. Juga tenaga operatornya untuk setiap OPD sudah di SK-kan. Ini akan ada efisiensi, baik dari segi tenaga yang dibutuhkan dan juga anggaran,” tandas Ruslan.(hue)

Berita Lainnya

15 Desa di Mukomuko Dapat Bonus Kinerja

MUKOMUKO – Tahun 2020 mendatang pemerintah pusat  mengalokasikan dana Alokasi Kinerja bagi desa. Dana tersebut ...

error: Content is protected !!