Rabu , 20 November 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Waspada Kebakaran Lahan!

Waspada Kebakaran Lahan!

Sumardi

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten RL terus bersiaga dengan personel dan armada mereka. Ini terkait potensi bencana kebakaran terutama kebakaran lahan kosong. Apalagi dalam beberapa hari belakangan hampir setiap hari ada laporan kebakaran lahan di beberapa lokasi kecamatan.

Dijelaskan Kepala Dinas Damkar Kabupaten RL Drs. H. Sumardi, M.Si kepada RB, kejadian terakhir yaitu dilokasi lahan pinggir jalan Rabu (21/8) siang lalu tepatnya jalan Lintas Curup-Lubuklinggau Desa Taba Padang Kecamatan Binduriang. Untung saja api sudah bisa segera dipadamkan oleh petugas dan satu unit Mobil PBK dari Dinas Damkar Kabupaten RL.

Sebelumnya, lanjut Sumardi, kebakaran lahan terjadi sore Selasa (20/8) di kawasan lahan Muara Telita Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) dan malam harinya kebun bambu milik Kadus 3 Desa Kampung Delima Jamal (60) hangus terbakar. ‘’Jadi hampir setiap hari ada laporan kebakaran lahan dan alhamdulillah bisa segera kita tanggulangi dan dipadamkan,’’ terang Sumardi.

Penyebabnya, sambung Sumardi, diduga ada yang melakukan pembakaran sampah di sekitar lokasi lahan kosong. Sehingga tanpa diketahui, api menyambar rumput kering atau tanaman kering disekitar lahan dan mebuat api menghanguskan isi lahan tersebut. Ada juga yang diduga karena ada yang membuang api puntung rokok sembarang.

‘’Kita berharap masyarakat untuk benar-benar waspada dan meminimalisir potensi terjadinya kebakaran lahan. Diantaranya tidak membakar sampah sembarangan dan membakar lahan kosong. Serta jangan membuang puntung rokok sembarang, karena saat ini kondisi cuaca panas dan musim kemarau. Edaran juga sudah disampakan kepada seluruh dinas instansi dan diharapkan bisa disosialisasikan ke masyarakat,’’ demikian Sumardi.(dtk)

Berita Lainnya

Polisi Usut Kebakaran 2 Ha Lahan Kosong, Diduga sengaja Di Bakar warga

BERMANI ULU – Anggota TNI dan Polri Senin (18/11) sore bersama warga Desa Sentral Baru ...

error: Content is protected !!