Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Giliran Hutan Madapi Terbakar

Giliran Hutan Madapi Terbakar

PADAMKAN: Petugas dari Dinas Damkar Kabupaten RL melakukan pemadaman di kawasan hutan Madapi yang terbakar Jum’at.

CURUP – Kebakaran lahan kosong terus saja terjadi di berbagai wilayah kecamatan. Jika sebelumnya terjadi di Kecamatan PUT, Curup Timur dan Binduriang, kini kiliran wilayah Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR). Tepatnya berlokasi di Desa Pal 8 yang merupakan kawasan wisata Hutan Madapi.

Kebakaran diketahui warga sekitar pukul 13.00 WIB saat warga baru pulang dari menunaikan ibadah salat Jumat, karena terlihat ada kepulan asap dari dalam kawasan hutan. Akhirnya warga langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL).

Tidak lama berselang sampai satu unit mobil pemadam bahaya kebakaran (PBK) milik Dinas Damkar dan langsung melakukan pemadam api yang sudah mulai memanjat pohon-pohon di lokasi hutan madapi. Sekitar satu jam atau pukul 14.00 WIB api akhirnya sudah bisa dipadamkan secara keseluruhan.

Kadis Damkar Kabupaten RL Drs. H. Sumardi, M.Si kepada RB menjelaskan, setelah mendapatkan laporan mereka menurunkan armada dan personil yang ada di Pos Damkar Kecamatan Bermani Ulu. ‘’Kita menurunkan satu armada beserta  personil yang bersiaga di Pos Damkar Kecamatan Bermani Ulu,’’ terang Sumardi.

Ditambahkan Sumardi, hingga Jum’at belum diketahui secara pasti asal atau sumber api. Meskipun api yang menjalar tidak terlalu besar, namun nyaris menghanguskan beberapa pohon yang ada di kawasan hutan Madapi tersebut. ‘’Untuk masyarakat cepat respon dan melaporkan kepada kita. Sehingga upaya penanggulangan pemadaman api segera bisa kita lakukan,’’ imbuh Sumardi.(dtk)

Berita Lainnya

17 Hektare Lahan Terbakar

CURUP – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) mencatat sepanjang dua bulan belakangan, ...

error: Content is protected !!