Minggu , 22 September 2019
Home / Pemilu / Masa Kampanye 71 Hari

Masa Kampanye 71 Hari

Darlinsyah

BENGKULU –KPU menetapkan masa kampanye pilkada serentak 2020 selama 71 hari, mulai 11 Juli sampai 19 September 2020. Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah, S.Pd, M.Si mengatakan masa kampanye selama 71 hari tersebut, cagub dan cawagub, serta cabup dan cawabup tetap dapat melakukan kampanye dengan metode pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye, dan pemasangan alat peraga.

Pada tahapan ini juga dilaksanakan debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon serta kampanye melalui media masa, cetak, dan elektronik. Untuk kampanye melalui media massa dapat dilaksanakan selama 14 hari terhitung 6-19 September. Para calon yang ikut dalam pilkada diminta dapat mengatur metode kampanye yang akan dilaksanakan nanti. Masa kampanye Pilkada 2020 ini lebih singkat dibandingkan dengan masa kampanye pada pemilu 2019 yang selama 7 bulan dan juga lebih singkat dibandingkan dengan masa kampanye Pilkada 2015 lalu yang selama 4 bulan.

“Ya memang berbeda dari sebelum-sebelumnya, namun masa kampanye yang lebih singkat ini dalam artian agar efisien,” kata Darlin.

Ia menambahkan, Tahapan kampanye akan berakhir dengan masuknya masa tenang selama tiga hari, tanggal 20-22 September. Puncak tahapan Pilkada 2020 tanggal 23 September 2020 yang merupakan hari pencoblosan atau pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara.

Darlin menambahkan KPU Provinsi juga akan menerapkan langkah-langkah khusus dalam pencegahan dan pemberantasan hoax yang berpotensi beredar selama Pilkada 2020. Langkah yang akan dilakukan diantaranya, mempertegas sanksi hukum kepada pelaku penyebar hoax, mengajak seluruh komponen untuk bersama-sama mencegah dan memberantas hoax, serta memberikan pemahaman bahwa masyarakat perlu mengkaji dan memfilter terlebih dahulu informasi yang diterima sebelum disampaikan ke masyarakat lainnya. “Ini memang sebuah tantangan, namun kita tidak bisa sendiri dalam memerangi hoax ini, perlu semua peran pihak,” harapnya.(cup)

Berita Lainnya

Wapada Adu Domba

PELABAI – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, ...

error: Content is protected !!