Jumat , 15 November 2019
Home / Metropolis / Jalan Baru Direhab, Truk Sawit Kembali Melintas

Jalan Baru Direhab, Truk Sawit Kembali Melintas

BENGKULU – Jalan Halmahera yang selama ini mengalami kerusakan cukup parah, sekitar satu bulan ini sudah selesai direhab. Kondisi jalan yang dulunya berlubang saat ini sudah mulus. Namun sayang, belum lama rehab selesai dilakukan, sejumlah truk bermuatan besar sudah kembali melintasi jalan lintas provinsi tersebut.

Padahal sudah jelas, truk bermuatan besar dilarang melintasi jalan tersebut. Kamis (29/8) sekitar pukul 23.00 WIB, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu bersama Polda Bengkulu berhasil menghentikan empat truk bermuatan sawit. Tanpa ampun, keempat truk itu langsung ditilang. Keempat truk tersebut diketahui datang dari arah simpang Nakau dan akan menuju ke Jalan Danau.

Kendati dilakukan penilangan, namun petugas tidak menahan keempat truk itu. Sopir truk hanya diperintahkan untuk memutar dan mengikuti rute yang telah diatur pemerintah. “Mereka ditilang, karena sudah sering diberi peringatan tetapi mereka masih tetap melewati jalan kota. Kami mengingatkan agar tidak melewati jalan itu lagi,” kata Kepala Dishub Provinsi Bengkulu, Drs. Darpinuddin.

Dikatakannya, dalam razia bersama Polda Bengkulu itu, pihaknya juga menelusuri kawasan Sungai Hitam, Simpang Nakau, dan Pantai Panjang. Dimana jalan tersebut dilaporkan dilintasi oleh truk batu bara maupun truk bermuatan sawit. Dijelaskan Darpinuddin, dalam keputusan Gubernur tahun 2008 lalu, sudah ada regulasi lintasan wilayah angkutan besar di atas delapan ton.

“Terutama khusus untuk angkutan muatan besar di atas 8 ton, kalau nantinya akan melanggar lagi maka akan kami tindaklanjuti lagi,” tambahnya.

Darpinuddin mengingatkan, agar tidak ada lagi sopir truk bermuatan besar yang coba-coba kembali memasuki jalanan tengah kota. Ia pun mengimbau agar pemilik usaha yang menggunakan truk besar, terutama di atas 8 ton, untuk melewati jalan ringroad yang sudah disediakan. “Dalam waktu dekat kami akan memanggil para pengusaha yang menggunakan truk besar, untuk menyosialisasikan agar tidak truk mereka tidak lagi melintasi jalan tengah kota,” demikian Darpinudin. (cw3)

Berita Lainnya

Pembinaan Kampung KB dan Kampung Sejahtera Menuju Bengkulu Kota KB

BENGKULU–  Untuk meningkatkan pengelolaan Kampung KB dan Kampung Sejahtera, Kamis (14/11), Pemda Kota Bengkulu melalui ...

error: Content is protected !!