Minggu , 23 Februari 2020
Home / Daerah / Curup Pos / Pemilihan Ketua Osis, SMKN 3 RL Gunakan E-Voting

Pemilihan Ketua Osis, SMKN 3 RL Gunakan E-Voting

PANTAU: KPU Rejang Lebong memantau langsung pemilihan Ketua OSIS SMKN 3 Rejang Lebong dengan menggunakan kemajuan teknologi aplikasi E-Votting.

CURUP SELATAN – Sejumlah trobosan terus dilakukan SMKN 3 Rejang Lebong (RL) diera digital saat ini. Terbaru, SMKN 3 RL Jum’at (30/8) menggelar kegiatan pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan memanfaatkan kemajuan teknologi menggunakan aplikasi E-Votting.

‘’Benar, hari ini kita melaksanakan kegiatan pemilihan Ketua OSIS SMKN 3 Rejang Lebong. Namun kita tidak lagi menggunakan cara manual, melainkan dengan menerapkan aplikasi E-Votting. Kegiatan hari ini juga disaksikan langsung KPU Kabupaten Rejang Lebong,’’ terang Kepala SMKN 3 Rejang Lebong Asep Suparman, S.Pi, M.Pd kepada RB.

Dijelaskan Asep, ide ini muncul dari dari guru teknik komputer jaringan bersama para siswanya. Karena memang selama ini SMKN 3 Rejang Lebong sudah memiliki jurusan teknik komputer jaringan. Pemanfaatan e-voting dalam pemilih ketua OSIS tersebut juga merupakan salah satu gagasan di era idustri 4.0. ‘’Dan ini menjadi salah satu upaya kita untuk melatih para siswa dalam melaksanakan demokrasi,’’ sambung Asep.

Dengan penerapan e-voting, tambah Asep, pemilihan ketua OSIS SMKN 3 RL berjalan dengan lancer, mudah dan cepat. Karena hanya cukup dengan menyiapkan 30 unit komputer yang ada di sekolah tanpa harus menyiapkan kertas suara dan kotak suara maupun bilik pencoblosan seperti biasanya. Karena para siswa yang akan memberikan hak suaranya cukup mendatangi komputer yang telah disiapkan oleh panitia. ‘’Makanya kita juga bekerjasama dengan KPU Rejang Lebong dalam hal memberikan pemahaman terkait dengan pemilihan,’’ ucap Asep.

Sementara itu, Ketua KPU RL Drs. Restu S. Wibowo mengatakan, cukup menyambut baik ide dari SMKN 3 Rejang Lebong. Sehingga mereka langsung melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS berbasis E-Votting tersebut. ‘’Kita cukup memberikan apresiasi kepada SMKN 3 Rejang Lebong. Selain pemanfaat teknologi, sekaligus juga memberikan pemahaman demokrasi sejak dini,’’ ucap Restu.

Ditambahkan Restu, diharapkan program tersebut kedepannya terus dikembangkan sehingga lebih baik dan sempurna lagi. ‘’Dan ini bisa menjadi contoh sekolah lain dalam penerapan demokrasi yang berbasis teknologi. Kita berharap ini akan terus dikembangkan oleh pihak sekolah,’’ imbuh Restu.(dtk)

Berita Lainnya

Pasar Bang Mego Segera Direhab, Disiapkan Rp 1 Miliar

CURUP – Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Rejang Lebong, tahun anggaran 2020 ini …