Senin , 16 September 2019
Home / Daerah / Lebong / Tak Ditebus, Pemkab Untung Rp 168 Juta

Tak Ditebus, Pemkab Untung Rp 168 Juta

GAGAL : Mobnas yang sempat dilelang ini masih terdaftar sebagai aset Pemkab Lebong karena tidak ditebus oleh pemenang lelang.(foto: aris/rb)

PELABAI – Tak semua mobil dinas (mobnas) yang dilelang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, ditebus pemenangnya. Dari 78 unit mobnas, hanya 63 unit yang ditebus. Walaupun Pendapatan Asli Daerah (PAD) dipastikan turun hingga Rp 1,5 miliar dari angka yang tercatat mencapai Rp 4,2 miliar sesuai hasil lelang, Pemkab Lebong tetap diuntungkan Rp 168 juta. Soalnya uang jaminan atau DP 15 unit mobnas yang tak ditebus pemenang tidak bisa ditarik dari kas negara alias hangus.

Kepala Bidang Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Rizka Putra Utama, M.Si mengatakan, pihaknya sudah menunggu itikad baik pemenang lelang melunasi sisa pembayaran hingga batas akhir 5 hari setelah pemenang lelang ditetapkan, yakni Kamis (29/8). Namun tidak juga dilunasi sehingga sesuai aturan lelang yang ditetapkan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Provinsi Bengkulu, uang jaminan tidak dikembalikan ke peserta lelang. ‘’Masing-masing DP setiap mobnas itu 30 persen dari harga penawaran,’’ kata Putra.

Sekalipun diuntungkan dari pemblokiran uang jaminan, beban Pemkab Lebong jelas bertambah. Pemkab Lebong harus menganggarkan kembali pemeliharaan 15 unit mobnas yang telah ditarik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengguna jika hendak digunakan lagi. Soalnya hampir merata kondisi mobnas yang gagal lelang itu dalam kondisi rusak. ‘’Yang jelas mobnas yang gagal lelang ini akan menjadi beban kami bidang aset karena belum terhapus dari daftar aset Pemkab lebong,’’ tutur Putra. (sca)

Berita Lainnya

Bupati: Proyek TakSelesai, Blacklist

PELABAI –Semua rekanan pelaksana pekerjaan fisik di Kabupaten Lebong, diingatkan agar bekerja profesional. Maksudnya supaya ...

error: Content is protected !!