Kamis , 19 September 2019
Home / Daerah / Seluma / Sekda Terkejut 7 Rumah Adat Terancam Ambruk

Sekda Terkejut 7 Rumah Adat Terancam Ambruk

ASET TERBENGKALAI: Sekda Seluma, Irihadi, S.Sos, M.Si mengecek rumah adat di Ampar Gading yang selama ini terbengkalai dan terlantar, Senin (2/9).(foto: Yayan/RB)

SELUMA – Keberadaan 7 unit rumah adat tak dimanfaatkan dan terkesan mubazir yang berada di Ampar Gading, Kelurahan Lubuk Lintang, Kecamatan Seluma, Senin (2/9) siang dicek keberadaannya oleh Sekda Seluma, Irihadi, M.Si. Ikut serta Kabag Umum, Arian Sosial, M.Si.

Dalam peninjauan tersebut, Irihadi sangat terkejut mendapati bangunan rumah adat yang tidak terawat, telah dikelilingi semak belukar. Malah bangunan terancam ambruk karena banyak bagian dari rumah itu dalam kondisi rusak. ‘’Ini tidak boleh dibiarkan, aset sebagus ini tidak bisa dibiarkan terbengkalai seperti,’’ ujar Irihadi.

Diakui Irihadi, selama ini pihaknya tidak mengetahui keberadaan 7 rumah adat sehingga sampai terbengkalai seperti saat ini. Ia memastikan akan segera membersihkan lokasi rumah adat ini dan meminta ada petugas khusus merawat aset pemkab yang tak terurus itu. ‘’Dalam satu dua hari ini akan dibersihkan dulu, bangunan ini tidak boleh lagi dibiarkan terbengkalai,’’ sampainya.

Selain itu dia mengatakan akan menelusuri berkas dan dokumen rumah adat ini. Baik surat menyurat maupun dokumen tentang status rumah adat. “Saya yakin ini memang aset Pemkab Seluma, namun kita akan telusuri dulu berkas dan dokumennya,’’ katanya.

Sementara itu Kabag Umum Setda Seluma, Arian Sosial, M.Si mengatakan akan segera mencari tukang tebas untuk membersihkan rumah adat ini. Dipastikanya dalam minggu ini bangunan rumah adat telah bersih dari semak belukar yang memenuhi lokasi itu. ‘’Kita cari orang yang akan membersihkan. Yang jelas kita targetkan minggu ini bangunan telah bersih dan tidak akan terbengkalai lagi,’’ pungkas Arian.(aba)

Berita Lainnya

Anggaran Perjalanan Dinas 2020 Dikurangi

SELUMA – Ekspose rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2020 ...

error: Content is protected !!