Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Warga Kembali Berburu Batu Bara

Warga Kembali Berburu Batu Bara

BATU BARA: Warga di dekat aliran Sungai Bengkulu kembali mencari batu bara di dalam sungai pasca hujan yang terjadi beberapa hari terakhir.(foto: Fintah/RB)

BENTENG – Hujan yang mengguyur wilayah Bengkulu Tengah (Benteng) beberapa waktu lalu, membawa berkah bagi masyarakat. Khususnya warga yang berdekatan dengan aliran sungai Bengkulu. Sebab arus sungai kembali membawa batu bara dari hulu. Saat ini beberapa warga kembali berburu mengumpulkan batu bara yang berada di sungai Bengkulu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Benteng, Mahendara Gustian, S.Hut menjelaskan mereka sudah mengirimkan sampel air sungai Bengkulu ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu untuk diteliti. Sebab saat musim kemarau, banyak warga yang menggunakan air sungai ini untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya.

“Kami bekerjasama, karena belum memiliki sarana uji laboratorium yang lengkap,” katanya.

Disampaikan Mahendra, pihaknya belum bisa memastikan bahwa air sungai Bengkulu yang keruh dan terlihat bercampur lumpur merupakan air yang berbahaya untuk kesehatan. Mereka masih menunggu hasil uji laboratorium di DLH Provinsi Bengkulu. Sementara di Kabupaten Benteng, diakuinya belum ada sama sekali fasilitas untuk mendukung penelitian mengenai tingkat buruknya air sungai Bengkulu, yang terlihat kotor saat ini.

Salah seorang warga Desa Tengah Padang, Sumadi mengaku memang tidak lagi menggunakan air Sungai Bengkulu untuk dikonsumsi. Saat ini warga lebih fokus mencari kembali batu bara yang terbawa arus sungai saat hujan beberapa kali dalam beberapa hari terakhir. Hal tersebut dianggap lebih baik daripada hanya sekadar untuk mandi di aliran Sungai Bengkulu.

“Kami kini mencari batu bara karena menghasilkan uang,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan aktivis Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Jumi Narti. Hujan yang mengguyur membuat kebutuhan air bersih warga sudah terpenuhi dari sumber selain sungai Bengkulu. “Lah banyak air kini, lah hujan,” demikian Jumi Narti.(vla)

Berita Lainnya

177 Petugas Siaga Karhutla

BENTENG – Sebanyak 177 petugas dari Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Benteng ditugaskan mengantisipasi ...

error: Content is protected !!