Kamis , 19 September 2019
Home / Daerah / Curup Pos / 100 Peserta Ikuti Pelatihan dan Ujian Sertifikasi

100 Peserta Ikuti Pelatihan dan Ujian Sertifikasi

PELATIHAN : Para peserta Pelatihan dan Ujian Sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa terlihat serius mendengarkan materi yang disampaikan nara sumber.(foto: Wanda/rb)

CURUP – Bertempat di salah satu hotel dalam kawasan Jalan Iskandar Ong Kelurahan Talang Rimbo Baru Kecamatan Curup, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten RL melaksanakan kegiatan pelatihan dan Ujian Sertifikasi. Kegiatan ini dalam rangka untuk mendapatkan Sertifikat Keahlian dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Diungkapkan Kepala BKPSDM Kabupaten RL M. Andhy Afriyanto, SE kegiatan ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 tahun 2018. Serta dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional ( LPKN ) yang bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah ( LKPP).

‘’Sertifikat keahlian pengadaan barang dan jasa adalah tanda bukti pengakuan dari pemerintah atas kompetensi dan kemampuan profesi di bidang Pengadaan Barang Jasa. Kegiatan akan dilaksanakan selama empat hari atau hingga Sabtu (7/9) mendatang,’’ terang Andhy disela-sela kegiatan.

Adapun materi dan pelatihan yang akan diberikan, sambung Andhy, meliputi Ketentuan Umum, Tujuan, Kebijakan dan prinsip Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ). Serta Pelaku PBJ, PBJ secara elktronik, Perencanaan Pengadaan, Persiapan PBJ, Pengadaan Kusus dan PBJ secara elektronik. Termasuk juga materi prinsip PBJ dan etika PBJ. ‘’Untuk nara sumber yang kita hadirkan hari ini adalah Juni Irawati, S.kom, MH dan Rohana Litasmi, SE dari LPKN,’’ sambung Andhy.

Diharapkan, para peserta yang merupakan perwakilan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut, bisa mengikuti pelatihan serta lulusan ujian. Karena sertifikat yang akan didapatkan nantinya cukup penting. ‘’Karena jika tidak ada sertifikat ini, maka tidak bisa melaksanakan kegiatan lelang. Karena penanggungjawab kegiatan, terutama yang harus melalui proses lelang, pelaksananya harus memiliki sertifikat tersebut terlebih dahulu,’’ imbuh Andhy.(dtk)

Berita Lainnya

Pengajuan DD Tahap III Nihil

CURUP – Meskipun proses pengajuan pencairan atau distribusi anggaran Dana Desa (DD) tahap III sudah ...

error: Content is protected !!