Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Minta Desa Bentuk Koperasi

Minta Desa Bentuk Koperasi

Azhar

PELABAI – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Lebong terus berupaya menambah jumlah usaha koperasi. Salah satunya mendorong 93 desa dan 11 kelurahan yang tersebar di 12 kecamatan se Kabupaten Lebong mendirikan koperasi di wilayahnya masing-masing. ‘’Kami sudah menyurati masing-masing pemerintah desa dan kelurahan mendirikan koperasi,’’ kata Kabid Koperasi dan Perdagangan, Disperindagkop UKM Kabupaten Lebong, Azhar, SH.

Koperasi dimaksud berbentuk Koperasi Serba Usaha (KSU) yang bidang usahanya disesuaikan dengan potensi wilayah masing-masing. Misalnya usaha jual beli hasil bumi. Teknisnya bisa digandeng dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang sudah ada. Disperindagkop UKM akan membantu pengurusan pembentukan usaha koperasi hingga berbadan hukum. ‘’Modal usaha koperasi bisa diambil dari DD (Dana Desa, red),’’ terang Azhar.

Pembentukan koperasi di desa dan kelurahan bertujuan memberdayakan masyarakat desa dan kelurahan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Harapannya, tahun 2020 sudah ada desa atau kelurahan di Kabupaten Lebong yang mendirikan usaha koperasi. Dalam hal ini desa atau kelurahan yang berniat mendirikan usaha koperasi bisa koordinasi ke Disperindagkop UKM. ‘’Sampai hari ini (kemarin, red) belum ada desa maupun kelurahan yang memiliki usaha koperasi,’’ papar Azhar.

Terpisah Ketua Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kabupaten Lebong, Burhan Dahri mengaku siap membentuk koperasi di desa. Dalam waktu dekat ia bersama anggota PAPDESI akan menggelar rapat guna memastikan teknis pendirian KSU. Termasuk berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) terkait penggunaan DD untuk pendirian koperasi. ‘’Kami juga akan koordinasi dengan perangkat desa lainnya untuk memastikan bidang usaha yang tepat dikelola koperasi,’’ pungkas Burhan.(sca)

Berita Lainnya

Mustarani: Data Ulang Jumlah Pengguna Kendaraan Dinas

PELABAI – Usulan pengadaan kendaraan dinas (randis) yang disampaikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Anggaran ...