Selasa , 28 Januari 2020
Home / Metropolis / Pemkot Segera Punya ITB

Pemkot Segera Punya ITB

Helmi Hasan

BENGKULU – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu ingin mendirikan Institut Teknologi Bengklu (ITB), sepertinya bukan sekadar isapan jempol belaka. Walikota Bengkulu, H. Helmi Hasan, SE mengatakan, Pemkot saat ini sedang menyusun semua perencanaannya dengan matang. Seperti salah satu aset Kota Bengkulu yang memang tidak bisa lagi difungsikan sebagai terminal akan dijadikan tempat pendirian.

“Kita sudah tinjau langsung lokasi (terminal betungan), ya mudah-mudahan akan dijadikan tempat Institut Teknologi Bengkulu. Dan pemerintah bersama dengan yayasan yang sudah terbentuk akan memanfaatkan aset tersebut dengan mendirikan Instut Teknologi Bengkulu,” kata Helmi.

Menurutnya, perkembangan zaman menuntut kebutuhan masyarakat yang berbeda-beda di setiap tahun. Ia menyebut kebutuhan masyarakat itu salah satunya pendidikan khususnya keahlian di bidang Informasi dan Teknologi (IT).

“Berdasarkan arahan bapak Presiden, sangat jelas bahwa kita perlu mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Ini juga menjadi prioritas bagi Kota Bengkulu, tahun ini targetnya Institut Teknologi Bengkulu ini sudah didirikan,” tambahnya.

Selain itu Helmi juga menyebut jurusan yang akan dibuat di antaranya Ilmu Manajemen Rumah Ibadah, teknologi informatika, dan lainnya yang harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. “Ini akan menjadi wadah anak muda untuk mengupgrade kemampuannya dalam menguasai teknologi khususnya di bidang IT. Teknologi bukan hanya konteks umum saja, tapi bagaimana teknologi bisa digunakan untuk memakmurkan rumah ibadah,” tutupnya.

Senada disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota, Marjon mengatakan, rencana pendirian Institut Teknologi Bengkulu (ITB) tersebut saat ini tengah dimatangkan persiapan keseluruhannya oleh tim percepatan pembangunan kota. “Berkaitan dengan pengurusan izin dan konsepnya semuanya sedang dipersiapkan. Dan untuk tahun ini kita baru mau akan tahapan renovasi bangunan. Karena gedung terminal itu bagian dari asset pemerintah, jadi untuk anggarannya sudah disediakan,” ungkapnya.

Ditambahkan Marjon, dengan pendirian ITB tersebut diharapkan Kota Bengkulu akan menjadi kota rujukan pendidikan yang berkualitas baik. “Karena pendirian ITB ini konsepnya berbeda dengan yang lainnya. Tentu ini akan menjadi daya tarik tersendiri,” tambahnya.

Sementara itu, Pengurus Yayasan Harapan dan Do’a, Jarto Tarigan menyebutkan bahwa yayasan ini dibentuk untuk bergerak di bidang pendidikan yang diketuai Prof. Yohanes Syafri. salah satu dosen Universitas Bengkulu. “Saya kira ini adalah satu usaha kita bagaimana memberdayakan SDM, alangkah baiknya kalau kita mendirikan sebuah Institut teknologi yang dapat menelurkan anak muda berwawasan IT. Dan jurusan manajemen rumah ibadah ini masih langka dan sangat diperlukan oleh masyarakat untuk memakmurkan rumah ibadah,” beber Jarto.(new)

Berita Lainnya

DPRD Kota Sepakati Bahas 22 Raperda Baru

BENGKULU- DPRD Kota sepakat membahas lebih lanjut 22 Raperda baru (lihat grafis,red). Ini disepakati dalam rapat ...

error: Content is protected !!