Kamis , 19 September 2019
Home / Daerah / Seluma / Usai Dibersihkan, Rumah Adat Ditempatkan Penjaga

Usai Dibersihkan, Rumah Adat Ditempatkan Penjaga

TINJAU: Wabup Seluma, Drs. Suparto, M.Si saat melihat langsung kondisi disekitar rumah adat yang telah dipenuhi semak belukar, Selasa (3/9).(foto: Yayan/RB)

SELUMA – Setelah Sekretaris Daerah Irihadi, S.Sos, M.Si, Selasa (3/9) pukul 11.00 WIB giliran Wakil Bupati  Seluma, Drs. Suparto, M.Si meninjau langsung rumah adat di Ampar Gading Kelurahan Lubuk Lintang, Seluma. Beda dengan Sekda, saat wabup datang kondisi 7 unit rumah adat tersebut sedang dibersihkan dari semak belukar menutupi kawasan tersebut sejak 13 tahun terakhir. ‘’Ini aset daerah, tidak bisa lagi kita biarkan terbengkalai, harus dirawat dan dimanfaatkan,’’ ujar Suparto.

Untuk memastikan perawatan rumah adat ini kata Suparto akan ditempatkan penjaga yang akan bertugas merawat dan membersihkan rumah adat dan sekitarnya. Sehingga tampak terawat dan bersih, walaupun belum difungsikan. ‘’Nanti petugas akan kita minta menetap dan tinggal di rumah adat ini. Sehingga rumah adat ini selalu terpantau dan terawat,’’ Sampainya.

Suparto juga menyayangkan tak terpantaunya keberadaan 7 bangunan rumah adat ini sehingga kondisinya saat ini rusak. Karena itu menegaskan rumah adat ini harus segera masuk dalam daftar aset Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma yang harus tetap dijaga dan dirawat. ‘’Nanti dan dokumen dan berkasnya akan kita telusuri dulu. Yang jelas rumah adat ini adalah aset Pemkab Seluma,’’ imbuhnya.

Pantauan RB, proses pembersihan kawasan rumah adat saat ini masih berlangsung yang dikoordinir oleh Bagian Umum Setda Seluma. Ada lima warga yang dikerahkan untuk melakukan pembersihan kawasan rumah adat. Menurut Kabag Umum Setda Seluma, Arian Sosial, M.Si pembersihan yang dilakukan ini mulai dari penerbasan hingga nantinya pembakaran semak belukar. Hingga kawasan rumah adat ini bersih dan tidak terkesan angker lagi. ‘’Saat pembakaran nanti kita akan siagakan Damkar untuk menghindari meluasnya api,’’ pungkasnya.(aba)

Berita Lainnya

Anggaran Perjalanan Dinas 2020 Dikurangi

SELUMA – Ekspose rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2020 ...

error: Content is protected !!