Kamis , 19 September 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Bantuan Alat Kesenian

Bantuan Alat Kesenian

NINING FAWELI P

KEPAHIANG – Guna meningkatkan minat, bakat dan potensi para peserta didik tingkat SMP dalam pengembangan kegiatan kesenian daerah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepahiang telah menggelontorkan dana sekitar Rp 540 juta untuk pengadaan alat kesenian SMP di Kabupaten Kepahiang.

Hanya saja dari 29 SMP yang ada di Kabupaten Kepahiang, hanya 6 SMP yang mendapatkan bantuan alat kesenian berupa seperangkat dhol dan kulintang tersebut. Hal ini lantaran keenam sekolah tersebut diklaim Disdikbud Kabupaten Kepahiang, sangat membutuhkan bantuan alat kesenian guna peningkatan kapasitas para peserta didik di bidang seni.

Diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kabupaten Kepahiang, Nining Faweli Pasju, dalam pembagian bantuan alat kesenian tersebut pihaknya terlebih dahulu melakukan evaluasi kebutuhan dari seluruh SMP yang ada di Kabupaten Kepahiang. Dari hasil evaluasi tersebut diketahui bahwa saat ini 6 sekolah tersebut sangat membutuhkan bantuan alat kesenian.

“Memang tidak semua sekolah mendapatkan bantuan, ada beberapa kriteria dan evaluasi yang telah kita lakukan sebelum akhirnya menunjuk sekolah tersebut sebagai salah satu penerima bantuan. Salah satu kriterianya yakni prestasi dan potensi kesenian yang dimiliki oleh sekolah tersebut,” jelas Nining, Rab (4/9).

Selain bantuan alat kesenian, tahun ini Disdikbud juga memberikan bantuan berupa sarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP. Namun sama dengan bantuan alat kesenian, tidak seluruh SMP yang mendapatkan bantuan, karena ada kriteria dan evaluasi kinerja sekolah sebelum akhirnya mendapatkan bantuan.

“Untuk bantuan sarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP, alokasi anggarannya mencapai Rp 274 juta dan saat ini sedang dikerjakan tendernya oleh pihak rekanan. Untuk sekolah mana saja yang dapat, saya tidak begitu hafal. Yang jelas memang tidak seluruh sekolah yang dapat bantuan,” terangnya. (sly)

Berita Lainnya

Sulit Beli Solar, Sopir Truk Datangi Dewan

KEPAHIANG – Belasan sopir truk mendatangi gedung DPRD Kepahiang, Selasa (17/9). Kedatangan para sopir truk ...

error: Content is protected !!