Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Camat Harus Proaktif Data Penduduk

Camat Harus Proaktif Data Penduduk

SIAGA: Pengurusan administrasi kependudukan di Kantor Dukcapil Kabupaten Lebong belakangan terus meningkat.(foto : aris/rb)

PELABAI – Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si meminta seluruh camat proaktif dalam pendataan jumlah penduduknya. Camat tidak boleh bersantai masalah penduduk dengan alasan sudah ada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Camat wajib mengetahui setiap perubahan data penduduk di wilayahnya. ‘’Supaya data penduduk yang ada di Dukcapil sesuai dengan fakta di lapangan,’’ ujar Rosjonsyah.

Khususnya untuk Kecamatan Bingin Kuning dan Kecamatan Lebong Atas yang pengurangan jumlah penduduknya paling banyak sesuai proses pemutakhiran data jumlah penduduk di Kabupaten Lebong oleh Dukcapil. Dalam waktu 6 bulan, masing-masing dari kedua kecamatan itu mengalami pengurangan jumlah penduduk lebih seribu orang akibat anomali dan kegandaan Nomor Induk Penduduk (NIK). ‘’Saya minta para camat juga mendata ulang penduduknya,’’ tegas Rosjonsyah.

Begitu juga dengan pemerintah desa dan kelurahan sebagai ujung tombak penyelenggara pemerintah yang terdekat dengan masyarakat, diingatkannya aktif melaporkan perubahan data penduduk ke camat dan Dukcapil. Baik perubahan jumlah penduduk karena kematian, kelahiran maupun perpindahan domisili. ‘’Jangan pasif menunggu petugas dari Dukcapil turun ke lapangan,’’ kata Rosjonsyah.

Sementara Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Lebong, Elva Mardiana, S.IP, M.Si menjelaskan, data penduduk yang belum melakukan perekaman e-KTP hanya dinonaktifkan. Artinya sepanjang penduduk bersangkutan melengkapi data kependudukannya, maka data kependudukannya akan diperbarui. ‘’Makanya kami minta penduduk yang NIK nya tidak terdata dalam kependudukan Kabupaten Lebong segera mengurusnya ke Dukcapil,’’ tutur Elva.

Dilansir sebelumnya, jumlah penduduk Kabupaten Lebong semester kedua 2018 mencapai 112.900 jiwa. Namun di semester pertama 2019 turun menjadi 107.119 jiwa. Pengurangan terbesar di Kecamatan Bingin Kuning dengan jumlah 1.116 jiwa. Disusul Kecamatan Lebong Atas yang berkurang hingga 1.039 jiwa. Selanjutnya Kecamatan Rimbo Pengadang berkurang 867 jiwa, Kecamatan Lebong Sakti berkurang 734 jiwa, Kecamatan Lebong Utara berkurang 500 jiwa dan Kecamatan Uram Jaya berkurang 348 jiwa.

Sedangkan Kecamatan Topos berkurang 345 jiwa, Kecamatan Amen berkurang 291 jiwa, Kecamatan Pelabai berkurang 256 jiwa dan Kecamatan Pinang Belapis berkurang 222 jiwa. Lainnya, Kecamatan Lebong Tengah berkurang 118 jiwa serta Kecamatan Lebong Selatan berkurang 55 jiwa.(sca)

Berita Lainnya

Minta Camat Usulkan Pjs Kades Nangai Amen

PELABAI – Kekosongan jabatan pimpinan di Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara pascaditahannya DC (38) ...

error: Content is protected !!