Minggu , 20 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Dugaan Pungli PTSL Juga Terjadi di Urai

Dugaan Pungli PTSL Juga Terjadi di Urai

Ariefaldi WN

ARGA MAKMUR – Dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan Kades Suka Makmur, Kecamatan Marga Sakti Sebelat yang diusut Polres Bengkulu Utara (BU), sepertinya bisa melebar. Sebab diduga hal serupa juga terjadi di Desa Uari sejak 2018 lalu.

Lebih dari 100 warga menyetorkan uang Rp 500 ribu pada perangkat desa untuk pembuatan satu sertifikat dalam program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Namun hingga kini baru 40 sertifikat yang terbit.

Kasubag TU Kantor Pertanahan Nasional (KPN) Bengkulu Utara, Ridha Nofrananda menuturkan sejak awal sosialisasi pelaksanaan program PTSL,  KPN sudah menegaskan biaya hanya Rp 200 ribu. Itu sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agraria dan Tata Ruang, Menteri Desa dan PDTT serta Menteri Dalam Negeri.

“Biaya Rp 200 ribu itu untuk biaya pengukuran termasuk pemasangan patok. Itu dibebankan pada masyarakat yang memohon sertifikat PTSL,” terangnya.

Mengenai adanya pungutan Rp 500 ribu yang terjadi di Desa Urai, ia menegaskan KPN tidak bertanggungjawab. Ini lantaran sudah disosialisasikan sejak  awal program tersebut akan dijalankan pada masyarakat dan pemerintah desa. “Yang jelas yang kami sampaikan hanya Rp 200  ribu,” terangnya.

Dikonfirmasi, Pjs Kades Urai, Puji Widodo mengatakan pelaksana program tersebut di lapangan yakni masing-masing kepala dusun. Termasuk pembayaran juga dilakukan pada kepala dusun. Ia juga sudah meminta permasalahan ini diselesaikan di desa. “Permasalahan masih dibahas di desa untuk diselesaikan,” kata Widodo.

Sementara itu Kapolres Bengkulu Utara  AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK melalui Kasat Reskrim AKP. Jery S Nainggolan, S.IK menuturkan saat ini polisi masih fokus menuntaskan perkara dugaan pungli di Desa Suka Makmur. Perkara tersebut nyaris serupa dimana masyarakat sudah menyetorkan uang Rp 500 ribu namun tidak mendapatkan sertifikat. “Kasus Desa Suka Makmur kita upayakan untuk naik ke penyidikan dalam bulan ini,” bebernya.(qia)

Berita Lainnya

Usut Kasus Dugaan Pungutan Liar PTSL Desa Urai

ARGA MAKMUR – Setelah menetapkan Kades Suka Makmur sebagai tersangka dan melakukan penahanan terkait kasus ...

error: Content is protected !!