Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Seluma / Dewan Minta Pemda Kabupaten Fokus Tata Wajah Kota

Dewan Minta Pemda Kabupaten Fokus Tata Wajah Kota

PUSAT KOTA: Tugu pengantin di Simpang 6 Kelurahan Talang Saling yang menjadi ikon Kabupaten Seluma yang diharapkan oleh DPRD Seluma untuk ditata dan dikembangkan.(foto: Yayan/RB)

SELUMA – Sejak resmi jadi kabupaten definitif pada 25 Mei 2003 lalu atau di usia 16 tahun saat ini, perwajahan pusat kota Kabupaten Seluma belumlah terlihat. Sehingga di tahun 2020 mendatang legisltif meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma fokus melakukan penataan wajah pusat kota Kabupaten Seluma.

Anggota DPRD Seluma, Okti Fitriani, S.Pd, M.Si mengatakan penataan perwajahan pusat kota ini sangat penting agar Kabupaten Seluma lebih dikenal oleh masyarakat luar. Perwajahan pusat kota akan menunjukan bahwa Kabupaten Seluma memiliki pusat atau ibu kota kabupaten yang didukung dengan pembangunan yang memadai.

‘’Kalau saat ini kan kita masih bertanya-tanya, dimana pusat kota Kabupaten Seluma. Oleh karena itu kita minta kepada eksekutif untuk fokus membangun perwajahan pusat kota kabupaten ini di tahun 2020 mendatang,’’ sampai Okti.

Dijelaskan Okti, untuk saat ini Tais yang diagungkan sebagai pusat kota kabupaten belumlah terlihat. Karena belum tertatanya bangunan ataupun pusat ekonomi masyarakat dan perkantoran milik Pemkab Seluma.

‘’Harus dirapikan lagi. Masyarakat yang berjualan harus ada tempat tersendiri. Begitu juga letak perkantoran yang berada di pinggir jalan lintas, juga harus ditata agar terlihat menarik saat orang melihatnya,” ujarnya.

Diakuinya dalam membangun sarana atau fasilitas umum dibutuhkan biaya yang besar. Oleh karena itu OPD terkait dapat mencari program ke pusat agar dananya dapat ditarik ke Seluma. Tidak hanya mengandalkan APBD murni.

‘’Di kementerian itu banyak program yang ditawarkan. Tinggal bagaimana kita melakukan lobi untuk menariknya ke Seluma. Jika ini berjalan, saya optimis pusat kota Kabupaten Seluma akan terlihat, tidak seperti saat ini,’’ katanya.

Politisi Gerindara ini juga menyayangkan pembangunan Gedung Olahraga (GOR) di Ampar Gading, Kelurahan Lubuk Lintang, Kecamatan Seluma batal direalisasikan. Padahal adanya GOR akan dapat mengundang masyarakat untuk mengunjungi. Sehingga sangat tepat jika dibangun di pusat kota, bukan ditempat yang jauh dari keramaian.(aba)

Berita Lainnya

Separuh Honorer Pemerintah Kabupaten Bakal Dirumahkan

SELUMA – Tahun 2020, Kabupaten Seluma akan menggelar pemilihan bupati dan wakil bupati. Untuk memaksimalkan ...

error: Content is protected !!