Senin , 16 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Tim Penjinak Bom Hingga Metal Detector Disiagakan

Tim Penjinak Bom Hingga Metal Detector Disiagakan

GLADI: Sebanyak 30 anggota dewan baru yang akan dilantik Senin (9/9) saat melakukan gladi bersih, jumat (6/9).(foto: shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Polres Bengkulu Utara (BU) tak ingin kecolongan oleh hal-hal yang bisa mengganggu atau mengancam keselamatan dalam acara pelantikan Anggota DPRD Bengkulu Utara 2019-2024 yang akan dilakukan Senin (9/9) mendatang. Tak hanya puluhan personel Polri dan TNI, bahkan tim Gegana Sat Brimob juga akan memeriksa seluruh bagian gedung dan lingkungan kantor DPRD tempat dilangsungkannya pengambilan sumpah jabatan.

Tim Gegana adalah tim penjinak bom yang akan melakukan sterilisasi dua jam sebelum pelantikan dimulai. Pemeriksaan meliputi ruang dalam hingga lingkungan DPRD. Sehingga 2 jam sebelum pelantikan pukul 10.00 WIB, tidak ada lagi orang yang tidak berkepentingan boleh memasuki kawasan acara.

“Sterilisasi dilakukan mengantisipasi adanya barang-barang berbahaya yang diletakkan termasuk bom. Ini sebagai bentuk antisipasi,” ujar Kapolres BU, AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM melalui Kabag Ops, AKP. Januri Sutirto, SH,jumat (6/9).

Tak hanya itu, seluruh anggota DPRD tepilih yang akan dilantik dan seluruh undangan juga hanya diperbolehkan masuk setelah diperiksa oleh alat metal detector atau pendeteksi logam. Hal ini mengantisipasi barang berbahaya yang dibawa undangan.

“Jadi barang-barang berbahaya yang kita nilai tidak perlu dibawa ke dalam runag paripurna akan kita sita atau kita amankan lebih dulu. Termasuk korek api gas,” terangnya.

jumat (6/9) bukan hanya polisi dan TNI yang sudah datang ke gedung DPRD untuk melakukan gladi pengamanan. Bahkan 30 anggota dewan terpilih juga hadir mengikuti acara gladi bersih.

Sekretaris DPRD BU, Abdul Salam, SH menuturkan, semua tahapan acara sudah disesuaikan sehingga harus dilakukan gladi bersih. Apalagi mengingat gedung paripurna utama DPRD BU cukup sempit sehingga dikhawatirkan akan gaduh jika memang tidak disiapkan lebih dulu.

“Makanya tadi (kemarin, red) kita lakukan gladi. Sehingga masih-masing petugas termasuk mereka yang akan diambil sumpahnya sudah mengetahui posisinya masing-masing,” pungkas Salam. (qia)

Berita Lainnya

Lilit Waka Dewan, Golkar Tunggu Surat Resmi

ARGA MAKMUR – Ada yang mengejutkan dari penetapan anggota dewan Partai Golkar yang akan menjabat ...

error: Content is protected !!