Jumat , 20 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Batang Jagung Bisa Untuk Pakan Ternak

Batang Jagung Bisa Untuk Pakan Ternak

LIHAT: Bupati BS Gusnan Mulyadi didampingi Kabag Humas meninjau langsung pakan ternak dari rumput kering. (foto: ist/rb)

KOTA MANNA – Masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), tak perlu repot lagi mencari pakan hewan ternak yang lagi dikandangkan. Sebab Jerami kering dan batang jagung bisa distok untuk pakan ternak sapi.

Cara tersebut didapat dari hasil kunjungan kerja (Kunker) Bupati BS,  Gusnan Mulyadi, SE, MM, ke Sumatera Selatan (Sumsel) baru-baru ini.

Disampaikan Kabag Humas Pemkab BS Rahmadan yang ikut mendampingi langusng bupati saat melihat Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Sembawa, di Kabupaten Banyuasin Sumsel.

Persepsi dari masyarakat saat ini Rahmadan menjelaskan, jangan hanya memberikan pakan ternak dengan rumput basah saja yang masih segar. Pasalnya,  jerami kering dan batang jagung bisa menjadi solusi terbaru.

“Karena di BS jerami dan batang jagung ini luar biasa banyaknya. Biar persepsi  warga BS berubah,” terang Rahmadan.

Adapun cara pemberian rumput kering kepada hewan ternak yang dikandangkan tidak perlu diolah lagi. Yakni dengan hanya memberikan sedikit air garam atau tetesan tebu rumput bisa langsung dikasihkan pada ternak sapi.

‘’Ini dianjurkan karena Kabupaten BS masih banyak tersedia dengan rumput jerami. Jika dikeringkan bisa distok dan pemilik ternak tak perlu repot lagi untuk mencari rumput basah,” jelas Rahmadan.

Ditambahkan Rahmadan, ini meruapakan salah satu suksesnya penyuksesan program Pemkab BS untuk mengandangkan hewan ternak supaya warga bisa memmanfaatkan pekarangan rumah ditanami jagung.

‘’Silahkan dicoba bagi pemilik ternak. Ini adalah langka Pemkab untuk bantu peternak dan juga petani,” demikian Rahmadan.(tek)

Berita Lainnya

Proyek Taman Bunga Putus Kontrak

KOTA MANNA – Pekerjaan proyek Taman Bunga Matahari dalam halaman Sekretariat Pemkab  Bengkulu Selatan (BS), ...

error: Content is protected !!