Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Lebong / Hanya 43 Koperasi Aktif

Hanya 43 Koperasi Aktif

PELABAI – Sesuai data yang dimiliki Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Lebong, tercatat 88 usaha koperasi yang tersebar di 12 kecamatan se Kabupaten Lebong. Mulai dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Koperasi Unit Desa (KUD), Koperasi Serba Usaha (KSU), Koperasi Pegawai Negeri (KPN) hingga Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). ‘’Namun dari jumlah itu, hanya 43 koperasi yang terdata aktif,’’ ujar Kabid Koperasi dan Perdagangan, Disperindagkop UKM Kabupaten Lebong, Azhar SH.
Tahun ini, Disperindagkop UKM Lebong mengajukan bantuan modal koperasi ke pusat maupun provinsi. Namun tidak diakomodir karena minimnya koperasi yang melaporkan Rapat Akhir Tahun (RAT). Azhar minta koperasi melaporkan RAT tahun ini karena tahun depan akan diusulkan lagi bantuan modalnya. ‘’RAT itu syarat utama koperasi mendapatkan bantuan modal atau pembinaan,’’ ungkap Azhar.
Guna menumbuh kembangkan usaha koperasi, Disperindagkop UKM Lebong selalu melakukan pembinaan ke sejumlah koperasi aktif melalui 4 tenaga pengawas dan 2 konsultan pendamping koperasi. Umumnya kendala yang dihadapi para pengusaha koperasi, tidak lain minimnya modal. ‘’Rata-rata koperasi yang aktif itu bergerak di bidang simpan pinjam, makanya butuh modal yang memadai,’’ papar Azhar.
Terkait koperasi yang tidak aktif, Disperindagkop UKM Lebong akan menurunkan tim guna melakukan pendataan di lapangan. Terhadap koperasi yang memang sudah tidak aktif akan dilakukan pembubaran. Namun kabupaten hanya berwenang mengusulkan. Sementara pembubaran koperasi mutlak kewenangan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. ‘’Pembubaran terhadap koperasi tidak aktif merupakan jalan terakhir, kalau masih bisa dibina akan dipertahankan,’’ tutup Azhar. (sca)

Berita Lainnya

Desak Pemerintah Kabupaten Tutup Galian C Suami Dewan

PELABAI – Tokoh masyarakat Kabupaten Lebong, Rozi Antoni mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong menyegel tambang ...

error: Content is protected !!