Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Mendapat Program SIK

Mendapat Program SIK

MUKOMUKO – Tujuh puskesmas di Kabupaten Mukomuko mendapat kegiatan pemenuhan program Sistem Informasi Kesehatan (SIK). Program tersebut dikucurkan dana Rp 888,9 juta untuk pengadaan peralatan pendukung.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM, menyebutkan 7 puskesmas yang dapat pengadaan SIK, yakni Puskesmas Malin Deman, Teras Terunjam, Tunggal Jaya, Kota Mukomuko, Retak Mudik, Lalang Luas dan Selagan Raya.

“Kegiatannya berupa pengadaan komputer, berikut dengan instalasi unit jaringan server dan pemasangan jaringannya sekalian. Pengadaannya melalui sistem e-katalog,” jelas Bustam.

Dengan ada program SIK maka akan memudahkan puskesmas penyampaian laporan. Pelaporan dari puskesmas tidak lagi gunakan kertas. Tapi cukup melaporkan melalui SIK tersebut.

SIK ini merupakan sistem terpadu dengan tergabung di dalamnya seluruh puskesmas se-Kabupaten Mukomuko. Dengan tuntasnya pengadaan ini, maka akhir tahun 2019 SIK mulai dijalankan di seluruh puskesmas.

“Kalau puskesmas yang lain sudah terpasang SIK. Tinggal tujuh puskesmas ini saja yang belum. Nanti operator SIK yakni tenaga staf yang ada di puskesmas. Tidak ada direkrut khusus. Jadi tenaga yang ada nantinya akan kita latih,” jelas Bustam.

Selain itu tahun ini juga Dinkes Kabupaten Mukomuko akan bangun gedung Public Safety Center (PSC) 119, dengan pagu dana Rp 1,39 miliar. Selain itu rehab puskesmas Kota Mukomuko, Puskesmas Lalang Luas, dan Puskesmas Retak Mudik. Masing–masing dapat anggaran Rp 465 juta.

Tak hanya itu, belanja obat-obatan melalui e-katalog Rp 1,2 miliar juga akan berjalan tahun ini. Sedangkan belanja obat-obatan non generik untuk non e-katalog sebesar Rp 233,5 juta, pembangunan bangunan unit pengolahan air kotor Rp 905 juta, dan belanja obat gizi seperti tablet tambah darah/vitamin A merah, vitamin A biru Rp 263,2 juta.

“Untuk pembangunan gedung PSC 911 masih dalam proses penunjukan konsultan perencanaan. Setelah itu baru dilaksanakan lelang,” demikian Bustam.(hue)

Berita Lainnya

Tanpa Mobil Damkar, 1 Unit Rumah Ludes

TERAS TERUNJAM – Nasib malang dialami  Eko (46), warga Desa Teras Terunjam, Kecamatan Teras Terunjam. ...

error: Content is protected !!