Jumat , 20 September 2019
Home / Metropolis / Mulai Incar Kursi Ketua BK dan Banleg

Mulai Incar Kursi Ketua BK dan Banleg

DILANTIK: 35 Anggota DPRD Kota Bengkulu saat dilantik beberapa waktu lalu. (foto: wahyu/rb)

BENGKULU – Penyusunan sejumlah alat kelengkapan DPRD Kota Bengkulu, tidak hanya fokus dengan penempatan posisi Ketua Komisi I, II dan Komisi III. Namun hingga kemarin (8/9), sejumlah Fraksi DPRD kota juga melirik posisi Ketua Badan Legislasi (Banleg) dan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD kota.

Dari penelusuran RB, partai amanat nasional (PAN) yang memiliki 7 kursi di DPRD kota mempunyai kans kuat untuk mendapatkan kursi Ketua Banleg DPRD kota. Sebab diperiode sebelumnya posisi Ketua Banleg masih dipegang oleh Fraksi PAN yang dijabat oleh Kusmito Gunawan.

Bahkan Kusmito Gunawan yang merupakan incumbent dan memiliki pengalaman akademik mantan status dosen perguruan tinggi negeri Fakultas Hukum ini digadang-gadangkan masih kuat dalam perebutan kursi Ketua Banleg. Namun sejumlah nama lainnya juga akan ikut bersaing dalam pemilihan calon Ketua Banleg tersebut diantaranya yakni ada nama Yudi Darmawansyah (Fraksi Golkar), Ariyono Gumay (Fraksi Gabungan PPP-PDI-P), Bambang Hermanto (Fraksi Hanura), dan Jaya Marta (Fraksi PKB).

Sedangkan untuk penempatan posisi Badan Kehormatan (BK), sejumlah nama mulai muncul akan memperebutkan kursi Ketua BK DPRD kota. Diantaranya, Bahyudin Basrah (Fraksi Gabungan PPP-PDIP), Imran Hanafi (Fraksi Hanura), Muryadi (Fraksi PKS), Sutardi (Fraksi Golkar), Mardiyanti (Fraksi PAN), Solihin Adnan (Fraksi Gerindra), dan Yani Setianingsih (Fraksi Demokrat).

“Kalau peluang PAN untuk posisi Ketua Banleg cukup besar. Apalagi sebelumnya posisi Ketua Banleg kita (PAN) yang pegang. Karena selama ini kita ketahui posisi Ketua Banleg yang dijabat oleh Kusmito Gunawan punya banyak pengalaman, dan beliau juga basic pendidikan tingginya soal ilmu hukum dan perundang-undangan. Namun bukan berarti yang lain tidak mampu, tapi kita lihat pengalaman selama ini,” papar Anggota DPRD Kota, Teuku Zulkarnain, SE.

Teuku menambahkan, dalam pemilihan Ketua Banleg dan BK tersebut nantinya tergantung dari masing-masing Fraksi DPRD kota yang menyampaikan usulan nama dalam penempatan alat kelengkapan yang masuk dalam Banleg maupun BK. “Jadi untuk pemilihan ketua di Banleg atau BK itu berdasarkan dari anggota perwakilan yang ada di Fraksi tersebut. Apakah nanti dipilih berdasarkan musyawarah atau voting nanti tergantung dari mereka,” tuturnya.

Selain itu Teuku berharap secepatnya semuanya alat kelengkapan sudah clear (tuntas). Sebab saat ini akan ada agenda pembahasan rancangan APBD serta agenda tugas lainnya yang harus dikerjakan dewan. “Oleh sebab itu alat kelengkapan dewan ini harus secepatnya terbentuk,” ungkap mantan Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu ini.

Terpisah Anggota DPRD kota dari Fraksi Hanura, Sudisman, S.Sos mengungkapkan, bahwa pihaknya masih menggodok alat kelengkapan dewan untuk ditempatkan di masing-masing komisi maupun bidang lainnya seperti Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Legislasi (Banleg) maupun Badan Kehormatan (BK) yang ada.

“Sebetulnya memang sudah ada untuk calon penempatan alat kelengkapan dari Fraksi Hanura ini. Namun semuanya masih kita kaji dengan matang. Karena pada prinsipnya jelas  semua parpol memang mempunyai peluang yang sama. Jadi kita lihat nanti perkembangannya seperti apa,” pungkasnya.(new)

Berita Lainnya

Dewan Setuju Gaji Honorer Naik

BENGKULU – Ketua sementara  DPRD Kota Bengkulu, Suprianto, S.IP mendukung rencana untuk menaikkan gaji honorer ...

error: Content is protected !!