Minggu , 22 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pondok Kelapa, DPT Terbanyak

Pondok Kelapa, DPT Terbanyak

PEMILIHAN: Beberapa desa di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mulai melaksanakan pemilihan anggota BPD periode 2019-2025, Minggu (8/9). (fintah/rb)

BENTENG – Sebanyak 42 desa sudah melaksanakan Pemilihan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di hari pertama jadwal yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yakni 8-12 September 2019. Untuk hari pertama, kemarin (8/9), Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa adalah desa yang memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak. “Jumlah DPT kami 3.050,” terang Kades Pondok Kelapa, Alamsyah.

Dijelaskannya, diperkirakan meskipun yang dilakukan adalah pemilihan BPD, namun waktunya jika membandingkan dengan Pileg lalu, untuk pencoblosan saja bisa sampai dengan malam hari. “Belum termasuk waktu untuk penghitungan,” katanya.

Namun, Alamsyah mengaku sudah mendapatkan konfirmasi dari panitia bahwa masa atau waktu pendaftaran dibatasi pukul 13.00 WIB. Namun, tidak ada batasan waktu untuk pencoblosan bagi yang sudah mendaftar.

Hal ini diakui Ketua Panitia, UP. Syidik. Dijelaskannya, dengan jumlah DPT terbanyak di Kabupaten Benteng, akan dipilih sebanyak 9 orang anggota BPD. Sementara jumlah peserta calon BPD mencapai 21 orang. “Akan ada 21 orang yang gugur,” ujarnya.

Desa lain yang juga sudah melaksanakan pemilihan BPD adalah Sunda Kelapa. Kades Sunda Kelapa, Karyo, AS menjelaskan, jumlah DPT di angka 917. Karena jumlahnya masih di bawah seribu, maka jumlah BPD yang akan dipilih sebanyak 5 orang saja.

Diperkirakan, waktu akan lebih cepat selesainya jika dibandingkan dengan DPT Desa Pondok Kelapa yang mencapai 3 kali lipat. “Melihat Pileg lalu, mungkin sebelum Magrib sudah selesai,” katanya.

Kabag Pemerintahan Setdakab Benteng, Drs. Jaka Santoso mengatakan, untuk desa-desa yang akan melaksanakan diberikan waktu selama 5 hari. Boleh hari apa saja sesuai tanggal yang ditetapkan. Pelantikan ditargetkan bisa dilaksanakan Oktober mendatang. Diperkirakan, pemilihan BPD di 112 desa se-Kabupaten Benteng akan selesai dalam jangka waktu lima hari. “Kami masih menunggu rekap hasil dari desa yang sudah melaksanakan pemilihan BPD,” demikian Jaka. (vla)

Berita Lainnya

Siswi MAN Bengkulu Tengah Zelmy Rahayu Darmansyah Gondol Medali Emas Bidang Geografi

BENGKULU- Prestasi gemilang berhasil diraih delegasi MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah (MAN IC Benteng) dalam ...

error: Content is protected !!