Kamis , 21 November 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Produk UKM Benteng Disukai Warga Jepang

Produk UKM Benteng Disukai Warga Jepang

DIMINATI: Peminat produk Usaha Kecil Menengah (UKM) Bengkulu Tengah (Benteng) sampai ke luar negeri, salah satunya Jepang. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Produk Usaha Kecil Menengah UKM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), ternyata mulai dilirik dan diminati masyarakat luar negeri. Bahkan warga dari Jepang telah membeli dan kembali memesan beberapa produk UKM Benteng.

“Salah satunya yakni olahan kopi asal Benteng yang disajikan di stand pameran di Festival Tabut 2019,” terang Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi & UKM (Disperindagkop & UKM) Benteng, Lusi Komariah, S.Sos, Minggu (8/9).

Dijelaskannya, beberapa orang turis Jepang yang langsung mendatangi stand pameran selain memborong bubuk kopi siap saji, juga memesan kerajinan anyaman bambu mulai dari kursi bambu, dipan atau tempat tidur hingga lemari dari bambu. Hal ini karena, di Jepang bambu memang dikenal sebagai salah satu bahan untuk produk furniture.

Hal ini, menurut Lusi merupakan hal yang menggembirakan sekaligus menjanjikan bagi usaha masyarakat. Memang selama ini sudah dilakukan pelatihan berbagai UKM termasuk untuk perajin bambu. “Tinggal lagi pasar yang sudah terbuka hingga ke mancanegara ini bisa dimanfaatkan oleh kelompok perajin bambu di Benteng,” katanya.

Bukan tidak mungkin, kedatangan turis Jepang tersebut akan diikuti oleh banyak warga Jepang lainnya untuk memesan produk olahan Bambu dari Benteng dalam jumlah banyak dan lebih besar lagi. Hal ini, juga harus diikuti dengan kreativitas perajin untuk menghasilkan produk lainnya, dan tidak terpaku dalam satu bentuk atau dua bentuk produk saja.

Salah satu perajin bambu, Totok dari Pondok Kelapa mengaku senang jika karya dari bambu yang selama ini baru menembus pasar lokal sudah diminati oleh warga asing. Untuk itu, sebagai perajin bambu, dirinya berharap diperbanyak lagi pelatihan sekaligus kegiatan promosi serta yang paling penting tentu saja pemasaran-pemasaran yang lebih luas lagi. “Kami ikuti pameran, juga untuk mengenalkan hasil karya kami,” demikian Totok. (vla)

Berita Lainnya

Pemilih Pemula Awasi Pilgub

BENTENG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkulu Tengah mengajak peran serta pelajar sebagai pemilih pemula ...