Rabu , 20 November 2019
Home / Daerah / Seluma / Butuh Tambahan Personel

Butuh Tambahan Personel

KEGIATAN RUTIN: Apel gabungan Bhabinkamtibmas di halaman Polres Seluma, Senin (9/9).(foto: Yayan/RB)

SELUMA – Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Merthadana, S.Ik mengatakan saat ini jumlah Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) masih sangat minim. Polres Seluma hanya memiliki 52 Bhabinkamtimas yang bertugas untuk 182 desa dan 20 kelurahan se-Kabupaten Seluma.

‘’Jumlah Bhabinkamtimas kita belum ideal. Tidak sebanding dengan jumlah desa dan kelurahan yang ada di wilayah hukum Polres Seluma,’’ ujar Nyoman, Senin (9/9).

Dijelaskan Nyoman, jumlah keseluruhan personel Polres Seluma saat ini sebanyak 314 orang bertugas menjamin keamanan dan ketertiban di Kabupaten Seluma yang berpenduduk 209 ribu jiwa. Artinya rasio penduduk dengan jumlah polisi di Kabupaten Seluma, satu polisi menjaga 600 warga.

‘’Idealnya satu personel itu menjaga 30 warga. Jadi kita masih kekurangan personel jika melihat jumlah penduduk Seluma saat ini,’’ kata Nyoman.

Mengatasi hal ini Kapolres meminta dukungan masyarakat untuk bersama sama menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polres Seluma agar tetap aman dan kondusif. ‘’Menjaga kamtibmas ini bukan hanya tugas polisi, tapi juga masyarakat. Oleh karena itu kami mengharapkan peran aktif masyarakat untuk memantau dan menjaga kamtibmas di wilayah tempat tinggalnya. Jadilah polisi setidaknya bagi diri sendiri dan lingkungan tempat tinggal,’’ sampai Nyoman.

Sekalipun terbatasnya jumlah personel saat ini, Kapolres tetap optimis kamtibmas yang menjadi tanggung jawab Polres Seluma akan tetap terjaga dan kondusif. Demikian halnya dengan pelayanan terhadap masyatakat semua akan tetap maksimal. ‘’Semua unit kita maksimalkan kinerjanya. Semua fokus melaksanakan tugas sesuai tupoksi dalam melayani dan menciptakan kamtibmas di Kabupaten Seluma,’’ demikian Kapolres.(aba)

Berita Lainnya

Pergantian Musim, Waspada Demam Berdarah Dangue

SELUMA – Memasuki pergantian musim kemarau ke musim penghujan, masyarakat Kabupaten Seluma diminta waspada. Khususnya ...

error: Content is protected !!